Debut de Boer Jadi Pelatih Belanda Ditandai Kekalahan dari Meksiko

Debut de Boer Jadi Pelatih Belanda Ditandai Kekalahan dari Meksiko
Pelatih baru Timnas Belanda Frank de Boer. (antara)

INILAH, Bandung - Meksiko memberi pelatih baru Belanda Frank de Boer kekalahan pada pertandingan debutnya sebagai pelatih saat mereka meraih kemenangan 1-0 atas tuan rumah dalam pertandingan persahabatan, Rabu waktu setempat.

Raul Jimenez membuat beberapa peluang di babak pertama dan akhirnya mampu mencetak gol penalti di babak kedua setelah pemain andalan Meksiko itu dilanggar di kotak terlarang oleh Nathan Ake.

Kemenangan ini jelas sangat membanggakan bagi tim Meksiko yang sejak awal pertandingan bermain apik dan menciptakan banyak peluang, berbeda dengan tim tuan rumah yang kurang berkembang.

De Boer menurunkan pemain debutan Teun Koopmeiners dan Owen Wijndal di babak pertama, mengistirahatkan tim utama untuk menghadapi pertandingan Nations League di Bosnia pada Minggu dan Italia pada Selasa.

Tapi tidak banyak yang bisa dilakukan oleh pelatih yang menggantikan Ronald Koeman itu karena Belanda tampak lemah dalam serangan dan melakukan beberapa kesalahan pertahanan yang membuka peluang bagi Meksiko untuk mencetak gol.

Jimenez dan Jesus Corona banyak membuang peluang sebelum turun minum, sementara satu-satunya tembakan dari tim tuan rumah datang ketika Memphis Depay mendapat umpan dari Ryan Babel, namun tembakannya masih melebar.

Penjaga gawang Tim Krul, yang memainkan laga internasional pertamanya dalam lima tahun, melakukan penyelamatan pada menit ke-55 dengan menahan tendangan jarak dekat Corona, namun dengan rekor masa lalunya dalam penyelamatan penalti untuk Belanda tidak bisa menahan tendangan penalti Jimenez.

Gol lawan membuat Belanda meningkatkan tempo permainan, tetapi Corona justru nyaris menambah keunggulan Meksiko pada menit 75. Beruntung Tim Krul mampu menggagalkannya.

Menjelang akhir pertandingan Depay melewatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan setelah upayanya harus terhadang oleh mistar gawang Meksiko.

Setelah laga ini Belanda akan bertolak ke Zenica, Sabtu untuk melawan Bosnia pada Minggu, sementara Meksiko tetap di Belanda untuk pertandingan persahabatan melawan juara Afrika Aljazair di Den Haag Selasa depan, demikian Reuters.

Susunan Pemain:

Belanda: Tim Krul; Hans Hateboer, Stefan de Vrij (Joel Veltman 46'), Virgil van Dijk (Nathan Ake 46'), Owen Wijndal (Quincy Promes 84'); Georginio Wijnaldum (Marten de Roon 63'), Donny van de Beek, Teun Koopmeiners; Steven Berghuis (Calvin Stengs 63'), Memphis Depay, Ryan Babel (Luuk de Jong 63').

Meksiko: Alfredo Talavera; Jesus Gallardo, Edson Alvarez (Luis Romo 77'), Cesar Montes, Luis Rodriguez; Hector Moreno, Andres Guardado (Jonathan dos Santos 62'), Hector Herrera; Rodolfo Pizarro (Orbelin Pineda 62'), Raul Jimenez, Jesus Corona.

(antara)