Polisi Karawang Amankan 33 Pelajar yang Hendak Ikut Demo Buruh ke Jakarta

Polisi Karawang Amankan 33 Pelajar yang Hendak Ikut Demo Buruh ke Jakarta

INILAH, Karawang - Petugas Kepolisian Resort Karawang, mengamankan 33 pelajar SMK asal Subang dan Karawang Jalan Raya Kosambi, Desa Duren, Kecamatan Klari, Kamis (8/10/2020). 

Mereka terpaksa diamankan, karena diketahui akan bertolak ke Jakarta untuk ikut demo buruh menolak UU Cipta Kerja.

Kapolsek Klari AKP Ricky Adi Pratama menuturkan, pelajar yang masih dibawah umur itu terjaring petugas dari Polsek Klari. Saat dimintai keterangan, mereka mengaku hendak berangkat ke Jakarta. Beruntung, petugas berhasil mencegahnya.

“Mereka akan ke Jakarta, ada yang mau naik kereta, truk dan motor. Namun, sebelum ke Jakarta mereka berkumpul dulu di pertigaan Kosambi tersebut,” ujar Ricky saat dihubungi melalui selulernya.

Menurut Ricky, begitu diamankan petugas langsung mendata 33 pelajar tersebut. Ternyata, mereka mayoritas pelajar kelas satu dan dua SMK dari Subang dan Karawang. Bahkan, ada juga yang masih duduk di bangku SMP.

Kondisi itu diakuinya sangat miris. Mengingat, para pelajar ini masih di bawah umur. Serta, mereka belum memahami esensi dari demonstrasi di Jakarta tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, mereka telah dibina oleh petugas.

Selian itu, jajarannya juga sudah memanggil pihak sekolah dan orang tua. Supaya, keberadaan pelajar ini tetap mendapat pengawasan kedua belah pihak. Terutama, saat Pandemi Covid-19 ini. Selain itu, pihaknya juga prihatin terhadap para pelajar itu. Sebab, mereka menerima ajakan untuk melakukan demonstrasi melalui pesan berantai dari media sosial.

“Mereka tidak tahu, siapa yang membuat pesan itu,” katanya. (Asep Mulyana)