Ashabul Kahfi dan Anjing yang Masuk Surga

Ashabul Kahfi dan Anjing yang Masuk Surga
Ilustrasi/Net

KISAH tujuh pemuda yang melarikan diri dari seorang raja yang kejam. Ketujuh pemuda yang melarikan diri bersama seekor anjing kedalam gua, Allah menjawab doa pemuda-pemuda Ashabul kahfi yang memohon perlindungan-Nya. Sungguh, Allah adalah sebaik-baiknya pelindung.

"Dan apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu, niscaya Tuhanmu akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusanmu." ( Al-Kahf: 16)

Dan ketujuh pemuda itu akhirnya berlindung di dalam gua, mereka tidur dan menghabiskan waktu berlindung di dalamnya. Saat mereka terbangun, mereka saling bertanya mengenai waktu yang telah mereka habiskan di dalam gua.

Dan ternyata mereka tinggal di dalam gua selama tiga ratus tahun di tambah sembilan tahun. Dan Allah berfirman,

"Dan katakanlah (Muhammad), "Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu, barang siapa menghendaki (beriman) hendaklah dia beriman, dan barang siapa menghendaki (kafir) biarlah dia kafir." Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka bagi orang zalim, yang gejolaknya mengepung mereka. Jika mereka meminta pertolongan (minum), mereka akan diberi air seperti besi yang mendidih yang menghapuskan wajah. (Itulah) minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek." (Al-Kahf :29)

Kisah para pemuda Ashabul Kahfi mengajarkan kita untuk yakin berada di jalan Allah, sekalipun nyawa taruhannya. Sungguh Allah akan selalu melindungi hamba-Nya yang beriman pada-Nya. Menurut beberapa sejarahwan Islam, ketujuh pemuda tersebut bernama: Maxalmena, Martinus, Kastunus, Bairunus, Danimus, Yathbunus dan Thamlika. Serta seekor anjing bernama Kithmir, yang dipercaya sebagai satu-satunya anjing yang masuk Surga.[]