Istighfar Malaikat untuk Orang-orang Beriman

Istighfar Malaikat untuk Orang-orang Beriman
Ilustrasi/Net

Malaikat juga meng-istighfar-kan orang-orang beriman, sebagaimana diterangkan dalam surah Ghafir ayat 7-9 dan Asy Syura ayat 5:

"Malaikat-malaikat) yang memikul Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertoat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala, ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan itulah kemenangan yang besar." (QS Ghafir:7-9)

". . . dan malaikat-malaikat bertasbih serta memuji Tuhan-nya dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang ada di bumi", (QS Asy Syura: 5).

Dalam ayat di atas dikabarkan bahwa Malaikat meng-istighfar-kan penduduk bumi yang beriman. Di antara yang dimohon ampunkan oleh Malaikat seperti disebutkan dalam surah Ghafir adalah orang yang bertobat dan mengikuti jalan-Nya Allah. Selain itu, yang juga dimohonkan ampun oleh Malaikat adalah orang yang duduk di masjid setelah salat sembari menunggu masuknya waktu salat berikutnya.

Rasul bersabda tentang hal ini; "Seorang hamba masih dihitung dalam salat selama ia berada di tempat salatnya dan Malaikat mengatakan (mendoakannya); Allahummaghfir lahu Allahummarhamhu; Ya Allah, ampunilah dia, ya Allah rahmatilah dia, hingga ia beranjak atau berhadas". (terj. HR. Muslim).