Doa yang Memiliki Pengaruh Mencengangkan!

Doa yang Memiliki Pengaruh Mencengangkan!
Ilustrasi/Net

TAHUKAH Anda siapa suami Ummu Salamah? Ya, dia adalah seorang sahabat yang gugur sebagai syahid dalam Perang Badar. Namanya Abu Salamah.

Seperti kita tahu, seseorang yang turut serta dalam Perang Badar mempunyai keistimewaan yang tinggi. Allah pasti mengampuni mereka, seperti dijamin oleh Rasulullah saw, "Seolah-olah Allah menampakkan diri pada para sahabat yang turut serta dalam Perang Badar dan berkata, 'Lakukan apa saja yang kalian mau. Aku telah mengampuni kalian.'"

Pada saat mengetahui Abu Salamah gugur sebagai syahid, Ummu Salamah langsung berdoa, "Sesungguhnya kita adalah milik Allah dan kita pasti akan kembali pada-Nya. Ya Allah, selamatkanlah aku dalam menghadapi musibah ini dan berilah ganti yang lebih baik dari musibah yang sedang aku hadapi ini."

Setelah membaca doa itu, Ummu Salamah duduk termenung. Dia bicara sendiri, "Siapa yang lebih baik daripada Abu Salamah. Dia seorang sahabat yang turut serta dalam Perang Badar dan gugur sebagai syahid?" Tak lama berselang, Ummu Salamah pun dinikahi oleh Rasulullah saw yang tentu saja lebih baik daripada Abu Salamah.

Sekarang saya melihat Anda tertarik sekali dengan doa ini. Baca terus doa ini, Anda pasti akan menemukan keajaiban. Namun masih ada dua syarat yang harus dipenuhi. Tahukah Anda dua syarat itu? Benar, dua syarat itu (1) sabar menghadapi musibah; dan (2) yakin akan terkabulnya doa Anda.

Syarat yang terakhir saat menghadapi musibah adalah Anda sabar tanpa keluhan dan protes. Akankah Anda mengadukan Allah pada manusia? Apa Anda tidak rela dengan keputusan Allah?

Hanya saja, jika Anda mengutarakan musibah yang sedang Anda hadapi pada orang lain dengan niat sekadar menginformasikannya, sepertti seorang yang menderita satu penyakit lalu ia menceritakannya pada dokter, misalnya. Atau ia mengutarakan musibah itu pada kawannya untuk diajak berembuk mencari jalan keluar, hal seperti ini akan sangat tergantung pada niatnya.

Jangan sampai Anda tidak bersyukur pada Allah! Jangan sampai Anda tidak rela dengan keputusan Allah! Bersabarlah dengan baik. Jadilah orang yang rela dengan keputusan Allah. [Amru Muhammad Khalid]