Seekor Kobra Dievakuasi dari Toko Sembako di Bungbulang

Seekor Kobra Dievakuasi dari Toko Sembako di Bungbulang
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Tim Animal Rescue UPT Disdamkar Bungbulang berhasil mengevakuasi seekor ular kobra jawa (naja sputatrix) di dalam ruko sembako milik salah satu warga di Kampung Cimulang RT 03 RW10 Desa/Kecamatan Bungbulang, Minggu (11/10/2020).

Menurut Kepala UPT Disdamkar Bungbulang Hendra Santoso, pihaknya mendapat laporan dari Ihsan Rijki Nugraha (24) warga Kampung Cimulang yang  panik karena ada seekor ular kobra memasuki toko sembako miliknya.

Sembilan personel Tim Animal Rescue pun meluncur ke lokasi. Saat proses evakuasi, ular yang bersembunyi di bawah tumpukkan barang dagangan sempat menyerang petugas, bahkan sempat terlepas. Namun,  dua orang petugas yang menggunakan pakaian pelindung dengan sigap menangkap ular itu dengan cara menjepit menggunakan tongkat khusus dan prosedur yang telah ditetapkan. Akhirnya ular berukuran satu meter itu berhasil di evakuasi dibawa ke luar ruangan dan dimasukkan ke dalam karung yang sudah disiapkan tim rescue.  

"Tertangkap satu ular, kita evakuasi, kita amankan dan dilepaskan ke habitatnya di hutan. Alhamdulillah ! Tidak ada korban jiwa maupun luka," kata Hendra.

Diduga, ular kobra memasuki pertokoan/rumah warga karena pergantian musim dari kemarau ke musim hujan. Ular mencari tempat hangat untuk bertelur.

Hal lain, kata Hendra, keadaan rumah  yang kotor membuat tikus banyak masuk rumah. Tikus-tikus itu menjadi sumber makanan ular.

"Kebiasaan warga yang suka menumpuk-numpuk barang di tempat gelap juga bisa memicu ular mencari tempat yang nyaman untuk bertelur," ujarnya. (Zainulukhtar)