Banjir dan Longsor Terjang Wilayah Selatan Garut

Banjir dan Longsor Terjang Wilayah Selatan Garut

INILAH, Garut – Menyusul hujan deras berlangsung sejak Minggu (11/10/2020), sejumlah daerah di wilayah selatan Kabupaten Garut diterjang bencana longsor, dan banjir, Senin (12/10/2020).

Peristiwa longsor dan banjir tersebut antara lain terjadi di Kecamatan Peundeuy, Bungbulang, Cibalong, Cisompet, dan Pameungpeuk.

Hal itu mengakibatkan arus lalu lintas terganggu dan banyak permukiman terendam banjir. Banyak warga dievakuasi ke tempat lebih aman guna menghindari hal-hal tak diharapkan. 

Ruas jalan kabupaten di Kampung Sindang RT 02 RW 02 Desa/Kecamatan Peundeuy mengalami longsor dengan panjang longsoran 30 meter dan tinggi 30 meter. Ruas jalan tersebut tak dapat dilalui kendaraan roda empat karena badan jalan tersisa hanya sekitar 1,5 meter.

Menurut Camat Peundeuy, warga memasang portal di sekitar lokasi untuk mencegah kendaraan roda empat melintas sebab kondisi jalan berbahaya, dan masih terancam longsor susulan.

Bencana lebih parah terjadi di Kecamatan Cibalong, Cikelet, dan Pameungpeuk yang dilanda banjir akibat meluapnya aliran sungai di sana menyusul hujan deras mengguyur sejak kemarin. (zainul mukhtar)