Ini Wilayah Pameungpeuk yang Parah Terpapar Banjir

Ini Wilayah Pameungpeuk yang Parah Terpapar Banjir

INILAH, Garut – Kecamatan Pameungpeuk termasuk yang cukup parah dilanda banjir di Kabupaten Garut. Pemukiman warga di sejumlah desa pun terendam air, Senin (12/10/2020).

Di Pameungpeuk, debit air sungai Cilauteureun, Cikaso, dan Cipalebuh meningkat hingga merendam permukiman warga sekitar bantaran sungai dengan ketinggian banjir sekitar satu hingga satu setengah meter. Warga pun dievakuasi ke tempat lebih aman guna menghindari kejadian lebih buruk. 

Permukiman warga yang diterjang banjir luapan sungai tersebut antara lain Kampung/Desa Mancagahar, Kampung  Bojongmongkong Desa Pameungpeuk, Kampung Leuwisimar, Punaga, Sukapura, Asisor Desa Mandalakasih, Kampung Leuwigenteng Desa Sirnabakti, Kampung Segleng Desa Paas.

Kondisi serupa terjadi di Kampung/Desa Cijambe Kecamatan Cikelet akibat luapan sungai Cipasarangan.  Akses jalan pun terganggu.
Sejumlah permukiman warga di Desa Karyasari, Desa Sagara, dan Desa Mekarwangi Kecamatan Cibalong menghadapi bencana serupa akibat meluapnya air sungi Cibera. Ketinggian banjir merendam permukiman sekitar 80 sentimeter. Akses jalan dan sejumlah jembatan pun terganggu.

Banjir dan longsor terjadi menyusul hujan deras berlangsung sejak Minggu (11/10/2020) di sejumlah daerah di wilayah selatan Kabupaten Garut.

Peristiwa longsor dan banjir tersebut antara lain terjadi di Kecamatan Peundeuy, Bungbulang, Cibalong, Cisompet, dan Pameungpeuk.
Hal itu mengakibatkan arus lalu lintas terganggu dan banyak permukiman terendam banjir. Banyak warga dievakuasi ke tempat lebih aman guna menghindari hal-hal tak diharapkan. (zainul mukhtar)