Inilah Tren Transaksi e-Commerce Kuartal III 2020

Inilah Tren Transaksi e-Commerce Kuartal III 2020
istimewa

INILAH, Bandung - Sepanjang Juli-September 2020, transaksi lima kategori favorit di platform e-commerce meningkat. Kelima kategori itu yakni makanan/minuman, kesehatan, keperluan rumah tangga, elektronik, dan handphone/tablet.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, belanja daring saat ini masih menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai Selain itu, tingginya transaksi itu pun sekaligus mendorong pelaku UMKM untuk terus beroperasi.

"Secara umum, kategori makanan/minuman, kesehatan, keperluan rumah tangga, elektronik, dan handphone/tablet menjadi lima kategori paling populer selama periode Juli hingga September 2020," kata Nuraini dalam rilis yang diterima, Senin (12/10/2020).

Dia menuturkan, kebijakan bekerja dan sekolah dari rumah memicu kenaikan signifikan pada transaksi di kategori komputer dan laptop serta buku. Meski demikian, kategori kecantikan dan fesyen tetap diminati selama pandemi.

"Belanja sembako online menjadi tren pandemi. Pada kategori makanan/minuman, penjualan meningkat hampir tiga kali lipat selama pandemi. Produk sembako seperti telur dan ikan, mi instan, teh, madu dan kopi lokal menjadi produk yang paling laris,” ujarnya, 

Selain itu, masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah juga mendorong peningkatan pada kategori keperluan rumah tangga yang mencapai lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi.

Kepada para pelaku bisnis, Nuraini menyarankan kunci menghadapi pandemi yakni tetap beradaptasi dengan terus berinovasi dan berkolaborasi. 

"Untuk itu, kita berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa melalui kolaborasi dengan para mitra strategis. Ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat menemukan apa pun yang dibutuhkan kapan pun, hingga menciptakan peluang,” sebutnya. (*)