Asal Muasal Puasa Senin-Kamis (Bagian Pertama)

Asal Muasal Puasa Senin-Kamis (Bagian Pertama)
Ilustrasi/Net

SUATU ketika seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, "Wahai Rasulullah, kenapa engkau berpuasa pada hari Senin dan Kamis?"

Seketika Rasulullah menjawab: " Hari itu saya dilahirkan, hari itu saya di utus, dan dihari itu alquran diturunkan kepadaku." (HR.Muslim, Ahmad, dan Abu Daud)

Pada kesempatan lainnya, Aisyah radhiallahu 'anhu menuturkan kalau Rasulullah, sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa Senin-Kamis. (HR.Tirmidzi, NasaI,Ibnu Majah dan Ahmad).

Lalu Rasul, menyampaikan alasan puasanya pada kedua hari ini dengan sabdanya: "Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa." (HR.Tirmidzi dan lainnya)

Keutamaan lain dari hari Senin adalah seperti yang dikatkan Ibnu Abbas, "Rasulullah dilahirkan pada hari Senin, pergi hijrah dari Makkah hingga Madinah pada hari Senin, datang di Madinah pada hari Senin, meninggal pada hari Senin dan mengangkat Hajar Aswad pada hari Senin." (HR.Imam Ahmad)

Diriwayatkan dari Umar bin Bakir dari Ibnu Luhaiah ia menambahkan, "Surat al-Maidah diturunkan pada hari Senin, Al Yauma akmaltu lakum."

Baca juga
Puasa Tapi tak Salat Tetap Dihukum Kafir
Mimpi Junub di Saat Puasa Ramadan Batalkah?
Menyegerakan Berbuka, Mengakhirkan Makan Sahur
Diriwayatkan dari Musa bin Daud, ia menambahkan, "Perang Badar terjadi pada hari Senin."

Sementara, keutamaan lain hari Kamis adalah bahwa ia merupakan hari yang diberkahi. Mengapa bisa begitu? Ini tidak lain karena hari Kamis mendapatkan keberkahan dari doanya Rasulullah. Beliau telah berdoa untuk umat ini:

"Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka di hari Kamis." (HR.Ibnu Majah dan Al-Bazzar)

Dalam riwayat yang lain disebutkan, Rasulullah bersabda: "Berpagi-pagilah kalian dalam mencari ilmu. Sungguh aku telah meminta kepada Rabbku agar memberi keberkahan pada umatku di waktu pagi mereka. Dan Dia menjadikan keberkahan itu pada hari Kamis." (HR.Thabrani)

[Chairunnisa Dhiee/Manfaat Dahsyat Puasa Senin-Kamis, dan Puasa Daud]