Pemkab Garut Siap Jaga Komitmen dalam Pembentukan DOB Garut Utara

Pemkab Garut Siap Jaga Komitmen dalam Pembentukan DOB Garut Utara
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan, Pemerintah Kabupaten Garut siap menjaga komitmen yang sudah disepakati dengan DPRD Garut dalam persiapan dibentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Garut Utara termasuk kewajiban lainnya sebagai kabupaten induk untuk membantu daerah pemekaran.

"Sebagai kabupaten induk sudah jelas ada komitmen dalam peraturan daerah itu," kata Bupati Garut, Rudy Gunawan di Garut, Senin.

Ia menuturkan, komitmen yang siap dilakukan Pemkab Garut sebagai kabupaten induk untuk Kabupaten Garut Utara di antaranya akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar per tahun selama tiga tahun.

Bantuan anggaran itu, kata dia, akan direalisasikan oleh Pemkab Garut jika pemerintah pusat secara sah menetapkan DOB Garut Utara.

"Nanti kalau sudah ditetapkan daerah persiapan akan ada (anggaran) Rp15 miliar per tahun kalau sekarang belum," katanya.

Ia menyampaikan, anggaran yang akan disiapkan itu merupakan komitmen bersama antara Pemkab Garut dan DPRD Garut yang sudah tertuang dalam peraturan daerah.

"Nanti, itu (bantuan anggaran) lama, dan itu sudah komitmen," katanya.

Terpisah sejumlah masyarakat yang masuk dalam wilayah DOB Garut Utara menggelar syukuran telah adanya dukungan dan komitmen dari Bupati Garut Rudy Gunawan dalam rencana pembentukan DOB Garut Utara.

Ketua Paguyuban Masyarakat Garut Utara, Holil Aksan Umarzain menyampaikan, masyarakat Garut Utara bahagia dengan adanya keputusan dari Bupati Garut dan DPRD Garut yang mendukung dibentuknya DOB Garut Utara.

"Kegiatan ini (syukuran) saya diundang masyarakat Cibiuk atas ditetapkannya sidang paripurna DPRD Garut sekaligus Kecamatan Cibiuk sebagai calon ibu kota Garut Utara," kata Holil.

Ia menyampaikan, para tokoh masyarakat Garut Utara dan seluruh elemen masyarakat siap mengawal setiap tahapan usulan dibentuknya DOB Kabupaten Gatut Utara hingga disahkan oleh pemerintah pusat.

Ia berharap, berdasarkan kondisi kesiapan di lapangan maka proses tahapan usulan hingga diputuskan sebagai DOB Kabupaten Garut Utara bisa lebih cepat selesai selama tiga tahun atau paling lama lima tahun.

"Harapan paling lama lima tahun bisa terwujud ditetapkan sebagai Kabupaten Garut Utara," kata Holil didampimgi sejumlah tokoh masyarakat Garut lainnya. (antara)