Ini Pandangan Dinkes Terkait Relaksasi Bioskop

Ini Pandangan Dinkes Terkait Relaksasi Bioskop
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Beroperasinya kembali bioskop di Kota Bandung dinilai Dinas Kesehatan (Dinkes) relatif riskan. Pasalnya, potensi munculnya penularan Covid-19 perlu diwaspadai lantaran perputaran udara di dalam satu ruangan. 

"Memang sebenarnya agak riskan karena memang tidak ada udara yang terbuka," kata Kepala Dinkes Kota Bandung Rita Verita di Balai Kota Bandung, Selasa (13/10/2020).

Namun, dia menyebutkan protokol kesehatan yang dapat dijalankan pengelola dan masyarakat menjadi pertimbangan diberikannya relaksasi Pemkot Bandung. Selain itu, relaksasi bioskop di Kota Bandung bukan rekomendasi pihaknya. Syarat pembukaan bioskop itu bukan hasil rekomendasi, tetapi mengacu kepada simulasi protokol kesehatan. 

"Memang bukan rekomendasi yang dibutuhkan, tetapi simulasi. Dan pembukaan bioskop mengacu kepada kondisi suatu kota yang sudah membaik dari kondisi sebelumnya," ucapnya. 

Rita menambahkan, pihaknya tidak memaksa masyarakat untuk tidak menonton di bioskop. Namun, masyarakat diminta memastikan tingkat keamanan dan melaksanakan protokol kesehatan. 

"Tentu warga juga harus tahu sendiri, apakah ini aman atau tidak untuk yang bersangkutan di suatu ruangan selama dua jam. Poinnya, protokol kesehatan harus benar-benar ketat," ujar dia. (Yogo Triastopo)