Dinkes Kota Bandung Sebut Uji Klinis Vaksin Covid-19 Berjalan Aman

Dinkes Kota Bandung Sebut Uji Klinis Vaksin Covid-19 Berjalan Aman
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Pemkot Bandung memastikan pelaksanaan uji klinis vaksin Covid-19 yang sudah berlangsung sejak Agustus hingga Oktober berjalan aman. Penyuntikan vaksin diperkirakan akan selesai dilaksanakan hingga akhir 2020.

Kepala Dinkes Kota Bandung Rita Verita mengatakan, pihaknya belum mengajukan tenaga kesehatan yang akan dilakukan vaksin Covid-19. Sebab menurutnya, penelitian uji klinis vaksin masih berlangsung hingga Desember mendatang.

"Belum (diajukan) karena penelitiannya juga baru selesai kan Desember. Kalau yang di Bandung dengan Biofarma itu nanti Desember pemberian vaksin si subjeknya terakhir," kata Rita di Balai Kota Bandung, Selasa (13/10/2020).

Dia menyebutkan, kondisi para relawan sejak kunjungan pertama hingga kunjungan empat berjalan dengan lancar dan aman. Subjek dalam proses V0-V3 mayoritas berjalan dengan baik. Tapi tak menutup kondisi relawan terkadang tidak fit. 

"Hanya pas di tengah-tengah, misalnya dia ada hipertensi, nah dia itu dikeluarkan tidak diikutkan, hanya yang gitu aja," ucapnya. 

Rita menambahkan, tidak terdapat relawan yang mengalami sakit tinggi akibat penyuntikan tersebut. Apabila relawan telah di vaksin hingga Desember maka akan terus dipantau hingga Maret. 

"Sejauh ini, tidak ada yang menyebabkan sampai gimana, aman-aman saja," tandasnya. (Yogo Triastopo)