Review Redmi 9C, Kamera dan Baterainya Mantap!

Review Redmi 9C, Kamera dan Baterainya Mantap!

Xiaomi Indonesia telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mereview ponsel android terbarunya yaitu Redmi 9c. Ponsel dengan harga menggiurkan ini cukup menarik di kelasnya khususnya untuk urusan baterai dan konfigurasi kamera. 

Lebih dari tiga minggu kami menggunakan ponsel yang harganya sejutaan ini. Alhasil, android ini mampu memenuhi ekspektasi dan memuaskan ketika kami menggunakannya.

Dari segi desain Redmi 9C menggunakan tekstur anti-slip di bagian belakang yang terasa amat nyaman ketika bersentuhan dengan tangan, dan cukup membantu untuk meningkatkan sensasi genggaman. Dimensinya pas dan bobotnya lumayan ringan meskipun baterainya cukup besar, 5.000 mAh.

Ada tiga buah kamera belakang dan satu lampu flash yang disusun dalam frame berbentuk persegi. Dengan hasilnya yang lumayan. Cukup buat kami sebagai jurnalis untuk membagikan hasil karya kepada redaksi.

Xiaomi memasang layar IPS berukuran 6,53 inci pada Redmi 9C. Resolusinya masih HD+ untuk harga sejutaan ini masih dibilang bagus menurut kami. Aspect ratio-nya 20:9 dengan tingkat kecerahan maksimal 400 nit, lengkap dengan mode Sunlight. Di bagian atas layar Anda akan menemukan poni minimalis bergaya Dot Drop yang berfungsi menampung kamera selfie.

Gambar yang disajikan lumayan tajam dan warnanya pun sedap untuk dinikmati. Tingkat kecerahannya masih cukup memadai untuk digunakan di bawah sinar matahari yang terik, meski pantulan pada kaca luarnya terkadang agak mengganggu pemandangan.

Untuk suara, speaker internal pada Redmi 9C menurut cukup mampu menghasilkan suara yang lantang. Walaupun demikian, di pengaturan volume tinggi suaranya terdengar kurang jernih. 

Redmi 9C telah mengadopsi sistem operasi terbaru dari Xiaomi, yakni MIUI 12 berbasis Android 10. Kami sempat mencoba MIUI 12 di seri Poco F2 Pro dan yang disajikan pada Redmi 9C sedikit berbeda. Xiaomi mengemasnya menjadi lebih sederhana dan minim animasi, meski masih tetap menyediakan wallpaper dengan tema luar angkasa.

Redmi 9C menawarkan konfigurasi kamera yang jauh lebih lengkap. Kamera utama 13 megapixel, kamera makro 2 megapixel, dan depth sensor 2 megapixel. Sementara untuk selfie, Xiaomi membenamkan kamera 5 megapixel.

Hasil foto lumayan ideal dan cukup bagus dan warnanya cenderung natural.

Berikut Hasil Foto Jepretan Xiaomi 9c

Kamera depan

 

 

 

Kamera Belakang

Redmi 9C dipersenjatai chipset MediaTek Helio G35 (meningkat dari Redmi 9A dengan Helio G25) yang ditemani RAM 3 GB atau 4 GB, serta storage internal 32 GB atau 64 GB dengan teknologi eMMC 5.1. 

Helio G35 sendiri bukan chipset yang kencang. Tapi untuk pemakaian sehari-hari dengan skenario pengguna casual yang memanfaatkan smartphone untuk kebutuhan seperti chatting dan media sosial, performa Redmi 9C masih tergolong memadai. 

Helio G35 dibekali teknologi HyperEngine dari MediaTek yang bisa digunakan untuk bermain game. Sayangnya untuk game-game yang tidak terlalu membutuhkan kinerja grafis tinggi masih bisa dijalankan dengan lancar. 

Game 3D populer seperti COD Mobile dapat dimainkan di setting grafis rendah, tapi dengan catatan, pada scene tertentu besar kemungkinan terjadi frame rate drop.

Sementara, Baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Dipadukan dengan komposisi hardware yang di atas kertas tidak terlalu rakus daya, kami langsung berharap Redmi 9C mampu memberikan daya tahan baterai yang memuaskan. Dan ternyata, hasilnya sesuai harapan.

Untuk melihat baterai Redmi 9c kuat, kami mencoba menjalankan aplikasi youtube. Alhasil, selama satu jam baterainya hanya berkurang 5 persen saja. Sementara butuh waktu sekitar 3 jam agar dapat terisi penuh 100 persen.

Kesimpulan

Xiaomi redmi 9c ini menurut kami cukup 'tangguh' di kelasnya. Kamera yang baik dan baterai yang kuat menjadi nilai plus. Apalagi sasaranya anak muda. Mungkin sangat cocok lantaran sering menggunakan ponsel dimanapun berada.

 

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9C
Layar IPS 6,53 inci HD+
SoC MediaTek Helio G35
RAM 3 GB atau 4 GB
Memori internal 32 GB atau 64 GB
Kamera Belakang 13 MP + 2 MP depth+ 2 MP macro
Kamera Selfie 5 MP
Baterai 5.000 mAh
Charging 10W
Sistem Operasi MIUI 12 (Android 10)
Konektivitas 4G LTE
Sistem Keamanan Sensor sidik jari
Warna Sunrise Orange, Twilight Blue, Midnight Gray