Dilanjutkan, Bos Persib Angkat Bicara Mengenai Liga 1 2020

Dilanjutkan, Bos Persib Angkat Bicara Mengenai Liga 1 2020
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengaku lega. Pasalnya hasil pertemuan antara PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan seluruh klub Liga 1 serta Liga 2 di Yogyakarta, Selasa (13/10/2020) sesuai harapan. 

Dari hasil tersebut disepakati bahwa Liga 1 2020 yang sempat ditunda sejak pertengahan Maret lalu ini, diputuskan untuk dilanjutkan. Tepatnya pada 1 November mendatang. 

"Sudah ditandatangan semua klub. Dari PSSI sama PT LIB sudah memutuskan Liga akan lanjut 1 November," ujar Teddy saat dihubungi. 

Bahkan kata Teddy, Liga 1 2020 akan tetap dijalankan meski pada Desember nanti bertepatan dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada). 

"Jika 1 November tidak bisa digelar, maka akan dimundurkan pada 1 Desember. Pokoknya PSSI sama LIB mengatakan bahwa Liga pasti akan dilanjutkan dan gak mungkin diberhentikan," tegasnya. 

Terkait mengenai format, Teddy memastikan tidak ada perubahan. Liga 1 2020 masih menerapkan format kompetisi penuh. 

"Tidak ada perubahan format," katanya. 

Disisi lain, Plt Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan hasil ini merupakan kesepakatan seluruh klub dengan mengeluarkan tiga opsi. Opsi pertama yakni kembali menggulirkan kompetisi pada 1 November 2020 dan selesai pada Maret 2021.

"Tetapi soal izin kita kembalikan ke kepolisian. Jika kepolisian tidak mengizinkan tentu PSSI akan menghormati dan mematuhinya", kata Yunus seperti dilansir laman resmi PSSI.

Jika tanggal 1 November tidak diizinkan, PSSI akan membuat skema dan jadwal baru, yakni pada 1 Desember 2020. Ini semua PSSI lakukan karena aspirasi klub yang ingin kompetisi kembali digelar.

"Jika itu belum diizinkan karena alasan izin keramaian terkait Pilkada 2020, PSSI akan mencoba memulai pada 1 Januari 2021. Mudah-mudahan aspirasi klub agar kompetisi kembali digelar bisa menjadi kenyataan," imbuh Yunus.

Akan tetapi, jika harus dimulai pada 1 Januari 2021 kompetisi amat mungkin agar digelar 2 wilayah karena keterbatasan waktu. Sebab pada Mei-Juni 2021 PSSI memiliki hajatan besar, yakni Piala Dunia U-20.

"Intinya kompetisi lanjutan tahun 2020 ini akan diteruskan. Apakah mulai 1 November, 1 Desember atau 1 Januari 2021." pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)