Ingin Anak Efektif PJJ di Rumah, Begini Tipsnya

Ingin Anak Efektif PJJ di Rumah, Begini Tipsnya
ilustrasi

INILAH, Jakarta - Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang tengah dilaksanakan di hampir semua sekolah di di Indonesia selama lebih dari 7 bulan ini kerap menemukan kendala yang dirasakan oleh berbagai pihak seperti peserta didik (anak) dan orang tua.

Berdasarkan survei berjudul 'Kesiapan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19' yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), salah satu kendala yang dialami oleh peserta didik (anak) saat PJJ adalah sulitnya mendapatkan konsentrasi penuh saat belajar.

Selain itu, ada anggapan tingginya biaya yang harus dikeluarkan orang tua untuk perangkat dan paket data yang memadai untuk menunjang proses PJJ.Samsung Electronics Indonesia, melalui programSemangat Tetap Sekolahmenjadi jawaban dari tantangan yang ada dan hadir sebagai solusi bagi orang tua dan anak demi proses PJJ di Indonesia yang lebih baik lagi.

"Beragam tantangan kerap ditemui oleh orangtua dan anak pada masa PJJ, mulai dari perangkat, kuota, hingga sulitnya mendapatkan konsentrasi/fokus pada masa pembelajaran. Untuk itu, Samsung berkomitmen menghadirkan solusi PJJ yang lebih baik dengan program Semangat Tetap Sekolah. Program ini menawarkan orangtua bundling Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11 dengan harga terjangkau, kuota internet eksklusif, serta fitur-fitur unggulan yang dapat menunjang proses pembelajaran yang lebih efisien," ujar Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi orangtua dan siswa pada masa PJJ, simak tiga cara mudah dan hemat dukung anak belajar di rumah:

1. Ketahui kebutuhan yang menunjang konsentrasi belajar anak

Kemdikbud juga menyebut rata-rata siswa tidak bisa memahami pelajaran dalam kondisi kegiatan belajar jarak jauh karena mereka tidak berkonsentrasi secara penuh jika belajar di rumah.

Dengan fitur Focus Mode yang hadir pada Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11, orang tua dapat membatasi jenis dan jumlah aplikasi yang dapat dioperasikan anak pada saat proses PJJ berlangsung. Sehingga, anak bisa mendapatkan konsentrasi yang lebih baik dan minim distraksi.

2. Kenali aplikasi pendukung PJJ anak yang tepat dan efisien

Banyaknya ragam dan jenis aplikasi pendukung PJJ yang ada sekarang terkadang sedikit membingungkan orang tua ataupun anak dalam proses belajar. Selain itu, banyaknya aplikasi yang dijalankan secara bersamaan juga secara tidak langsung menurunkan performa perangkat yang digunakan.

Hadirnya Android GO pada Galaxy A01 Core, Galaxy A01 dan Galaxy A11, dengan dukungan aplikasi YouTube GO dan Google GO, membuat kinerja perangkat lebih efisien dan memperlancar proses pembelajaran dengan pengalaman menggunakan smartphone yang lebih lancar.

3. Pilih perangkat dan paket data yang tepat

Stigma yang beredar di masyarakat akan perangkat smartphone pendukung PJJ yang memadai akan memakan biaya yang tinggi sekarang sudah tidak menjadi kendala karena Samsung melalui program Semangat Tetap Sekolah menghadirkan Galaxy A01 Core, Galaxy A01, dan Galaxy A11 berikut dengan paket kuota data dari Indosat dan Telkomsel.

Galaxy A01 Core dapat diperoleh hanya dengan harga Rp999.000 untuk varian RAM 1GB/ROM 16GB dan Rp1.149.000 untuk varian RAM 2GB/ROM 32GB.

Pembeli akan mendapatkan bonus kuota internet hingga 24GB selama setahun dari Indosat Ooredoo, cukup dengan melakukan pengisian ulang Rp20.000 setiap bulan. Bonus kuota ini tidak akan memotong nominal pulsa yang diisi oleh pelanggan.

Selain itu, program Samsung Semangat Tetap Sekolah juga hadir melalui paket bundling Galaxy A01 dan Galaxy A11 yang sudah dilengkapi dengan kuota internet dari Telkomsel, dimana masing masing ditawarkan dengan harga spesial Rp1.249.000 untuk Galaxy A01 dan Rp1.899.000 untuk Galaxy A11.

Pembeli bisa mendapatkan kedua smartphone tersebut dengan kuota internet 48GB selama satu tahun dari Telkomsel, cukup dengan membayar Rp32.000 per bulan dari harga normal Rp64.000 per bulannya.

Program Samsung Semangat Tetap Sekolah, berlangsung mulai 30 September hingga 31 Desember 2020.

Untuk menambahkan kemudahan bagi para orang tua, Samsung juga menyediakan cicilan hingga 12 bulan untuk pembelian Galaxy A01 Core, Galaxy A01, dan Galaxy A11, bekerja sama dengan Home Credit Indonesia mulai Rp90.000-an setiap bulannya. (inilah.com)