Hadis Daif: Yasin Dibaca Malam & Kala Masuk Kubur

Hadis Daif: Yasin Dibaca Malam & Kala Masuk Kubur
Ilustrasi/Net

SURAH Yasin termasuk surah Makkiyah yang agung, terdiri dari 83 ayat, surah dengan nomor urut 36 dalam Al-Quran. Ayat-ayatnya pendek dan sangat mengena di hati orang beriman. Pembahasan utama adalah seperti pembahasan surah-surah Makkiyah umumnya, yaitu berbicara tentang tauhid uluhiyah, tauhid rububiyah dan akibat orang-orang yang mendustakannya. Problematika yang menjadi pokok utama dalam surah ini adalah masalah kebangkitan dan hari kiamat.

Di antara keutamaan surah Yasin yang kerap disebutkan (Ketiga): Keutamaan surah Yasin dibaca di malam hari dan ketika masuk kubur.

"Barangsiapa yang waktu malamnya membaca surah Yasin, maka dia akan diampuni pada pagi harinya."
"Barangsiapa selalu membaca (Yasin) pada setiap malam, kemudian dia mati, maka dia mati dalam keadaan syahid."
"Barangsiapa yang masuk kuburan dan membaca surah Yasin, maka pada hari itu akan diringankan (siksa) mereka (para penghuni kubur) dan dia akan mendapatkan pahala sebanyak yang ada di dalamnya."

Komentar: Hadits-hadits di atas DHAIF. Silakan lihat kitab Al-Maudhuat karangan Ibnu Al-Jauzi, 2:313. Al-Fawaid Al-Majmuah karangan Syaukani, 942, 979. Silahkan lihat risalah Hadits Qalbul Quran Yasin Fil Mizan, wa Jumlah Mimma Ruwiya Fi Fadhailiha, karangan Syaikh Muhammad Amr Abdul Latif hafizahullah. Lihat Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab oleh Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid, no. 75894.