Ini Empat Desain Rencana Integrasi Stasiun Bogor dan Alun-alun

Ini Empat Desain Rencana Integrasi Stasiun Bogor dan Alun-alun
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Menindaklanjuti rencana integrasi kawasan stasiun Bogor, Masjid Agung dan Alun-alun Kota Bogor, Pemkot Bogor bersama Balai Besar Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) meninjau kawasan stasiun Bogor dan sekitarnya, Kamis (15/10/2020). 

Hasilnya, Pemkot Bogor memberikan empat desain alternatif kepada Balai Besar Perkeretaapian Wilayah Jawa Barat dan PT KAI. 

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Hanafi mengatakan, rencana integrasi stasiun Bogor pada 2017 pernah didesain Dirjen Perkeretaaapian. 

Hanafi mengatakan, dalam desain baru ini pihaknya memberikan empat alternatif desain. Antara lain opsi underpass, tidak menggunakan underpas, tidak memakai underpass tetapi rerouting, dan opsi fly over. 

"Nah itu semua disamakan persepsinya nanti. Tentu setelah nanti konsolidasi internal masing-masing. Intinya, penanganan kawasan akan terintegrasi dengan stasiun. Nantinya, ada plazanya yang konsepnya tidak meninggalkan heritage," katanya. (Rizki Mauludi)