Begini Cara Robert Alberts Jaga Motivasi Pemain Persib

Begini Cara Robert Alberts Jaga Motivasi Pemain Persib
Persib Official

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts mengaku tidak mengetahui secara jelas mengenai dampak yang terjadi pada pemainnya akibat tidak adanya kompetisi.

Terlebih, kompetisi bertajuk Liga 1 2020 itu diputuskan ditunda sejak Maret lalu. Artinya sudah hampir delapan bulan lamanya tidak ada pertandingan yang dijalani. 

"Berdampak atau tidak, saya tidak terlalu mengetahui itu karena ini situasi yang unik dan belum pernah terjadi sebelumnya," ujar Robert di salah satu pusat kebugaran, Jalan Pasi Kaliki, Kota Bandung, Kamis (15/10/2020). 

Pelatih asal Belanda ini tak ingin terlalu mendramatisir mengenai ini. Sebab para pemainnya masih memiliki kegiatan, meskipun hanya berlatih. 

"Pemain banyak bekerja dengan bergerak dan bersiap, bagaimana bisa mengeluarkan kemampuan terbaik setiap saat dan ketika sudah siap untuk sesuatu tapi dibatalkan, lalu bersiap lagi dan batal lagi, itu akan sangat berat bagi siapapun untuk bangkit kembali," tuturnya.

Meski demikian, Robert memastikan akan berusaha sebaik mungkin menjaga motivasi para pemainnya. Sebab manajemen pun tengah berupaya mendukung timnya untuk tetap menjadi yang terbaik. 

"Kami melakukan yang terbaik meski hasilnya belum tahu seperti apa," tegasnya. 

Menurutnya dengan berlatih, kemungkinan besar motivasi para pemainnya akan tetap terjaga. Sebab para pemain masih memiliki kegiatan meski tidak ada kepastian mengenai kompetisi. 

"Kami akan fokus pada tipe yang berbeda dalam latihan dan perbedaan latihan mingguan supaya tidak terlalu panjang latihan intensitas tinggi bagi pemain dan juga tidak terlalu rendah karena dasarnya adalah pemeliharaan saja. Jadi kami mengawali dengan sangat individual untuk menjaga komposisi tubuh pemain," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)