Persib Tanpa Pertandingan di Akhir Pekan

Persib Tanpa Pertandingan di Akhir Pekan
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts meliburkan para pemainnya lebih cepat. Setidaknya tidak ada sesi latihan di dua hari ke depan. 

Padahal di setiap akhir pekan, skuat Persib Bandung dihadapkan dengan pertandingan. Baik itu gim internal maupun uji coba.

"Kami tidak akan berlatih besok," ujar Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion SPOrT Jabar, Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (16/10/2020). 

Pelatih asal Belanda ini mengaku terpaksa meliburkan skuatnya. Sebab Liga 1 2020 belum menemui kejelasan. 

Sempat diputuskan untuk dilanjutkan 1 November, namun Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tetap tidak memberikan izin. Alasannya karena fokus Pilkada dan Pandemi Covid-19. 

Keputusan itu juga yang membuat rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melanjutkan kompetisi pada awal Oktober batal terlaksana. 

"Alasannya sederhana. Karena tidak ada target untuk saat ini, kami belum tahu kapan kompetisi akan dimulai," jelasnya. 

Karena itu, lanjutnya program gim internal maupun uji coba dengan tim lain tidak perlu dilakukan. Menurutnya sesi latihan sudah lebih dari cukup untuk mempertahankan kondisi pemainnya. 

"Secara mental pemain kelelahan dan secara fisik kami harus memeliharanya di level tertentu. Kami tidak bisa menaikan levelnya lebih tinggi karena kami belum tahu kapan kompetisi akan dimulai," bebernya.

Robert juga masih memiliki keyakinan Liga 1 2020 akan digelar pada awal Januari 2021 mendatang. Sehingga masih banyak waktu untuk melakukan persiapan. 

"Kalkukasi kami itu baru akan dimulai pada Januari, jadi apa yang akan kami lakukan saat ini adalah berdasarkan kapan kompetisi akan dimulai dengan format yang baru Januari nanti, dengan format liga yang legal," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)