Begini Cara Purwakarta Bantu Buruh Korban PHK di Masa Pandemi

Begini Cara Purwakarta Bantu Buruh Korban PHK di Masa Pandemi
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (kanan). (Asep Mulyana)

INILAH, Purwakarta – Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengaku akan mengoptimalkan anggaran yang ada untuk pemulihan ekonomi masyarakat. Karena, pihaknya menyadari betul hampir seluruh sektor yang selama ini menjadi penopang ekonomi masyarakat mengalami kelesuan di masa pandemi covid-19.

“Fokus kami saat ini, tak lain lebih mengedepankan penggunaan anggaran pada upaya pemulihan ekonomi masyarakatnya,” ujar Anne, akhir pekan kemarin.

Adapun fokus optimasilasi anggaran daerah ini, lanjut Anne, misalnya untuk pemulihan ekonomi di sektor UMKM, Perdagangan, pariwisata, serta sektor kesehatan. Selain masyarakat umum, sasarannya adalah para pelaku usaha kecil, termasuk kaum buruh.

“Akhir pekan kemarin, pemerintah telah menyalurkan anggaran Rp 2 miliar sebagai bantuan modal untuk usaha mandiri bagi 1.000 buruh yang terkena PHK di masa pandemic ini. Masing-masing dari mereka mendapat stimulus sebesar Rp 2 juta,” jelas dia.

 

Anne menjelaskan, anggaran untuk bantuan sosial tunai (BST) tersebut ada di pos bantuan tidak terduga (BTT) di dinas terkait. Adapun penerima sendiri, sasarannya lebih diutamakan buruh perempuan yang terkena PHK dan dirumahkan.

“Para penerima sendiri, diutamakan mereka yang belum terdata atau di luar warga yang sudah menerima dari BLT dari desa maupun bansos kabupaten,” jelas dia.

Meski jumlahnya tidak banyak, dirinya berharap bantuan stimulus ini bisa meringankan beban mereka. Dia pun berharap, bantuan ini dipergunakan sebagaimana mestinya. Tentunya, untuk modal usaha bagi karyawan korban PHK yang belum mendapatkan pekerjaan kembali atau masih ngangur.

“Mohon dimaklum, karena kemampuan anggaran kami yang terbatas. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat. Dengan bantuan ini, diharapkan para buruh ini bisa kembali bangkit secara ekonomi,” kata Anne menambahkan.

Sementara, Komarudin Bachtiar (52) salah seorang penerima bantuan tersebut menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan dari pemerintah itu. Menurutnya, bantuan ini sangat membantu dia bersama keluarganya untuk bertahan ditengah kesulitan ekonomi yang kini tengah menimpanya.

“Saya akan pergunakan bantuan ini untuk modal usaha. Ya dagang kecil-kecilan. Semoga membawa keberkahan,” ujar warga Kelurahan Cipaisan, Kecamatan Purwakarta yang juga mantan karyawan di salah satu perusahaan di kawasan BIC itu. (Asep Mulyana)