Perketat Penerapan Protokol Kesehatan di Tengah Geliat Wisata

Perketat Penerapan Protokol Kesehatan di Tengah Geliat Wisata

SEKTOR Pariwisata di Kabupaten Bandung perlahan-lahan mulai bergeliat di tengah  pandemi Covid-19. Setelah berbulan-bulan mati suri, kini sejumlah tempat wisata di Kabupaten Bandung pun mulai buka kembali. Namun, syaratnya setiap pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan.

Salah satu tempat wisata yang kini cukup diminati di Kabupaten Bandung adalah Kampung Ranca Upas, Ciwidey Kabupaten Bandung yang menyajikan camping ground dan dan penangkaran rusa.

Selain menyajikan kesejukan, banyaknya pengunjung ke kawasan Ranca Upas sebagian besar karena penasaran ingin melihat langsung penangkaran rusa di lokasi tersebut. Namun, tak sedikit juga pengunjung yang datang untuk bercamping bersama keluarga.

Pantauan INILAH KORAN, Sabtu (17/10/2020), minat masyarakat untuk datang ke lokasi tersebut terbilang tinggi. Kendati pun penerapan protokol kesehatan menjadi hal mutlak yang harus dipatuhi setiap pengunjung.

Sejak masuk pintu utama, pemeriksaan masker dan suhu tubuh pun dilakukan secara ketat oleh petugas. Satu persatu pengunjung khususnya yang membawa kendaraan roda empat diperiksa suhu tubuh secara bergiliran.

Setelah melewati pintu utama dan membayar tiket masuk, pengunjung pun dapat dengan bebas menikmati beberapa pilihan wisata seperti naik kuda, menikmati taman dengan berbagai sarana permainan anak atau juga penangkaran rusa.

Di lokasi penangkaran rusa, pengunjung pun diwajibkan mencuci tangan sebelum masuk lokasi serta dilarang membawa makanan dari luar baik untuk dikonsumsi sendiri maupun makanan yang akan diberikan untuk rusa.

Selain dapat bercengkrama bebas bersama rusa dan menikmati segarnya udara, pengunjung pun dapat leluasa berfoto bersama rusa. Sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, pengunjung pun kembali wajib mencuci tangan sebelum memberikan makanan kepada rusa-rusa yang ada. Pun ketika hendak meninggalkan lokasi penangkaran, pengunjung diwajibkan kembali mencuci tangan. Tak hanya itu, setiap beberapa menit imbauan pun dilakukan pihak pengelola agar pengunjung tidak melepaskan masker dan selalu menjaga jarak.

Kendati harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat, pengunjung mengaku sangat menikmati. Tak heran, mereka yang datang tidak hanya dari wisatawan Jawa Barat saja, tetapi juga dari Padang, Medan dan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Anne Moulani misalnya, wisatawan asal Bandung ini mengaku ingin berkunjung ke penangkaran rusa karena sang anak yang terus meminta. Meski sempat waswas dan khawatir, namun melihat penerapan protokol kesehatan yang ketat dia pun mengaku lega.
"Awalnya sih khawatir, tapi melihat protokol kesehatannya sangat baik jadi sedikit lega. Insya Allah akan jauh dari Covid-19," ujarnya.

Senada diungkapkan Widiantoro wisatawan lainnya. Ia mengaku datang bersama saudaranya dari Medan."Saya jauh dari Medan, tapi secara keseluruhan sangat suka berada di sini karena hawa yang sejuk," pungkasnya.