iPhone 12 mini Bakal Favorit dan Jadi Tren?

iPhone 12 mini Bakal Favorit dan Jadi Tren?
istimewa

INILAH,  San Francisco - Apple baru saja meluncurkan lini iPhone 12, menawarkan empat model yang terdiri dari berbagai pilihan ukuran layar hingga harga.

Perangkat ponsel pintar buatan Apple ini berkali-kali menjadi pencetus tren di industri smartphone. Ketika Apple untuk pertama kalinya mengeluarkan iPhone generasi perdana, saat itu ponsel dengan layar sentuh belum banyak diadopsi oleh brand lain.

Begitu juga ketika Apple membuat notch, atau poni di bagian layar atas, pada iPhone X di 2018 lalu, segera saja notch menjadi tren baru untuk desain ponsel.

Kehadiran iPhone 12 mini, versi dengan layar paling kecil di lini iPhone terbaru ini, digadang-gadang akan menjadi tren baru untuk layar ponsel, yang sejak beberapa tahun belakangan semakin membesar.

iPhone 12 mini, dengan layar 5,4 inci, menawarkan perangkat gadget ringkas untuk digenggam dengan satu tangan, seperti ditulis dalam tulisan opini yang dimuat di situs The Verge.

Laman berita dan informasi teknologi itu menulis iPhone 12 mini bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang tidak begitu sering menonton dan bermain game di ponsel, juga untuk mereka yang tidak memerlukan banyak kamera.

"Fitur kamera ekstra biasanya satu paket dengan ukuran ponsel lebih besar," tulis The Verge.

Sementara itu, konsultan teknologi di CCS Insight, Ben Wood, memprediksi iPhone 12 mini akan sangat populer karena ada pasar yang menyukai ponsel flagship dengan layar kecil.

"Ke mana pun Apple pergi, yang lain mengikuti. Saya rasa kompetitor juga akan menjalankan langkah serupa selama 12 bulan ke depan," kata Wood kepada The Guardian.

Meski berukuran layar paling kecil dan punya harga termurah ketimbang lini iPhone 12 lainnya, versi mini ini tetap mendapatkan jaringan 5G.

Dalam tulisan berjudul 'Why Apple's iPhone 12 Could Be a Runaway Hit' yang dimuat di laman Nasdaq pada Jumat lalu (16/10/2020), Apple membuat rentang harga yang baik untuk setiap model iPhone 12, dimulai dari versi mini di harga US$699 atau sekitar Rp10,3 juta.

Harga yang ditawarkan Apple itu sama dengan smartphone 5G Android termurah di pasaran, yakni OnePlus.

Sementara jika konsumen ingin mendapatkan layar yang lebih besar, maka mereka bisa memilih iPhone 12 (6,1 inci) dengan harga mulai dari US$799 (sekitar Rp11,7 juta), iPhone 12 Pro (6,1 inci) dengan harga mulai dari US$999 (sekitar Rp14,7 juta), dan iPhone 12 Pro Max (6,7 inci) dengan harga mulai dari US$1.099 (atau sekitar Rp16,1 juta). (inilah.com)