Salon di Bandung Mau Buka? Nanti Dulu...!

Salon di Bandung Mau Buka? Nanti Dulu...!

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota Bandung belum mengizinkan salon kecantikan beroperasi selama masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang perketat hingga saat ini.

Meski demikian, dikatakan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah, salon kecantikan diperbolehkan untuk menjual produk.

"Untuk salon kecantikan dan perawatan belum kita berikan relaksasi. Hanya diizinkan untuk menjual produk saja," kata Elly saat dihubungi via telepon selulernya pada Senin (19/10/2020).

Menurutnya, dalam masa AKB diperketat sekarang ini. Kegiatan usaha tertentu, harus terlebih dahulu mendapat persetujuan wali kota selalu ketua gugus tugas di tingkat kota.

Salah satunya adalah usaha salon khusus potong rambut dan barbershop. Namun pemerintah kota telah memberikan relaksasi untuk salon perawatan rambut dan barbershop.

"Hanya salon rambut dan barbershop sudah diberikan relaksasi. Tetapi kalau salon kecantikan di mal, belum. Untuk salon rambut sudah buka di 24 mal dan berbeda-beda," ucapnya.

Kata Elly, belum diberikannya relaksasi salon kecantikan karena adanya kontak fisik yang menyentuh wajah dalam pelaksanaan kegiatan usaha yang satu ini.

"Kalau salon rambut kan nggak ke muka. Sementara kalau yang ke muka, agak riskan. Tetapi sebetulnya, Dinas Kesehatan memiliki kewenangan soal salon kecantikan di luar mal," ujar dia.

Namun dia menambahkan, Disdagin Kota Bandung akan berupaya memberikan usulan kepada ketua gugus tugas Covid-19 agar unit usaha tersebut mendapat relaksasi salon kecantikan.

"Kita akan coba usulkan saat pelaksanaan rapat terbatas. Kita akan usulkan kepada ketua harian, ketua gugus tugas dan kepada forum koordinasi pimpinan daerah," tandasnya. (Yogo Triastopo)