Pendaftaran BLT UMKM Diperpanjang

Pendaftaran BLT UMKM Diperpanjang
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Pemkot Bogor memperpanjang pendaftaran bantuan langsung tunai (BLT) untuk para pelaku usaha menengah, kecil, dan menengah (UMKM) hingga 22 November 2020 mendatang. Nantinya, setiap penerima itu berhak mendapatkan uang sabesar Rp2,4 juta.

"Untuk BLT UMKM iru pendaftaran diperpanjag sampai 22 November 2020. Masa perpanjangan ini sesuai dengan keputusan Kementerian Koperasi dan UKM," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor Samson Purba, Senin (19/10/2020).

Dia menuturkan, tidak ada pembatasan jenis usaha yang dilakukan. Namun, syaratnya hanya beromzet maksimal Rp300 juta setahun. Selain itu pihaknya tidak memiliki wewenang untuk memutuskan UMKM yang akan mendapatkan BLT juga jumlah kuota maksimal UMKM yang bisa dibantu.

"Kamj tidak membatasi kuota, walaupun ada kuota itu kuota dari pusat. Hari ini kami kirim 5.528 berkas, sebelumnya 29 ribu jadi total sekitar 35 ribu. Dalam satu hari, yang mengajukan bantuan ini sekitra 300 orang sampai 400 orang," tambahnya.

Samson juga menuturkan, pihaknya membuka pendaftaran mulai dari pukul 07.00-12.00 WIB. Karena selama satu jam pihaknya harus menginput data, selain itu kendalanya adalah karena diisi secara manual, jadi sulit untuk membacanya.

"Untuk sistem pencairannya, begitu pemohon dapat notifikasi dari BRI melalui SMS atau WA, si pemohon diharapkan datang langsung ke BRI. Kami sudah berkoordinasi dengan BRI untuk membuka pengambilan bantuan ini bisa dilakukan di area GOR agar lebih leluasa, karena di kantor BRI sangat padat," terangnya. (Rizki Mauludi)