Ratusan UMKM Berhasil Ekspor Melalui Shopee

Ratusan UMKM Berhasil Ekspor Melalui Shopee
istimewa

INILAH,  Jakarta - Sebagai andil dari komitmen dan fokus dalam mendukung UMKM di Indonesia melalui gerakan 'Shopee Bersama UMKM', platform e-commerce Shopee terus mendorong keberlangsungan bisnis UMKM binaannya melalui berbagai program lanjutan yang disinergikan dengan instansi pemerintahan.

Melalui hal tersebut, Shopee berhasil juga mendukung ratusan UMKM yang dibina oleh Bank Indonesia serta berbagai Kementerian dan pihak instansi pemerintahan terkait, menyusul lebih dari 20.000 UMKM binaan Shopee yang telah berhasil ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Inisiasi gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo tidak hanya diinisiasi untuk fokus ke promosi produk lokal dalam negeri, tetapi juga bagaimana produk lokal tersebut dapat secara luas mencakup jangkauan Asia Tenggara dengan kualitas global.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan bahwa di tengah pandemi COVID-19, UMKM diharapkan mampu memainkan perannya sebagai penopang perekonomian bangsa, ikut serta menggerakkan ekonomi, dan menjaga daya beli masyarakat.

Menurut dia, UMKM harus bisa menangkap peluang ketika terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat dengan adanya kebijakan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Nilai konsumsi dalam negeri yang besar dapat memberikan kontribusi dan membantu UMKM untuk tetap bertahan, beradaptasi, bahkan berkembang dalam situasi kebiasaan baru," ujar Mendag Agus.

Upaya yang dilakukan Shopee dalam mendorong UMKM Go Ekspor sejalan dengan komitmen Bank Indonesia dan Pemerintah. Komitmen ini seperti yang ditegaskan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam kegiatan Pameran Karya Kreatif Indonesia 2020.

"Bank Indonesia (BI) akan terus bersinergi mendukung Pemerintah mendorong UMKM menembus pasar global melalui 4 (empat) fokus utama. Pertama, sinergi diplomasi ekonomi, Kedua, memastikan ketersediaan dan kesesuaian produk UMKM dengan menjaga kontinuitas dan kualitas produk. Ketiga, mendorong kemudahan dalam regulasi. Keempat, melakukan digitalisasi pemasaran (marketing dan showcasing)," kata dia.

"Sebagai bagian dari dorongan yang Bank Indonesia dukung melalui gerakan #BanggaBuatanIndonesia untuk para UMKM binaan kami, kami turut senang atas kerja sama yang dijalin dengan Shopee untuk secara bersama-sama merealisasikan komitmen dan fokus kami dalam mendorong keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia secara digital, melalui berbagai program pelatihan dan bimbingan yang diberikan, bahkan secara luas diimplementasikan ke luar Indonesia dalam program ekspor yang dihadirkan oleh Shopee," lanjut Gubernur BI.

Dia pun berharap, ke depannya Shopee dapat turut selalu mendukung para UMKM di Indonesia untuk dapat secara efektif memperluas jangkauan bisnis ke kancah Asia tenggara secara online.

Gerakan Shopee Bersama UMKM yang sejalan dengan komitmen dari gerakan #BanggaBuatanIndonesia, telah diimplementasikan melalui program pelatihan dan pendampingan yang selama ini dilakukan, khususnya selama masa pandemi berlangsung.

Didukung juga oleh program lanjutan yang disinergikan dengan beberapa instansi pemerintahan terkait, sebagai berikut:

1. Dukungan melalui kampanye Shopee

Dalam terus mendukung UMKM binaan Shopee dan pihak instansi pemerintahan, Shopee turut memberikan akses pemasaran UMKM di kampanye Global Deals yang akan berlangsung di aplikasi Shopee Malaysia dan Singapura hingga kampanye akhir tahun 2020.

2. Sinergi Shopee dan Instansi Pemerintahan

Shopee berhasil mendukung ratusan UMKM yang telah dibina oleh beberapa instansi pemerintahan, seperti Kementerian Perindustrian RI, Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan RI, dan Pemerintahan Daerah.

Shopee mendukung lanjutan program pelatihan dan pendampingan online yang diikuti oleh program ekspor ke negara-negara tempat Shopee beroperasi, dimulai dari Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Diikuti oleh ratusan UMKM binaan lain yang sedang dalam masa inkubasi untuk ikut mengimplementasikan Program Ekspor melalui Shopee berikutnya.

"Peran dan fungsi kami sebagai perusahaan digital yang bergerak di ranah industri e-commerce, menegaskan komitmen kami dalam tidak hanya bertindak sebagai penyelenggara program untuk mendukung UMKM, tetapi juga sebagai wadah konkrit dari terbukanya akses penjualan dan pemasaran secara digital dan luas," kata Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations Shopee.

Melalui inisiatif gerakan 'Shopee Bersama UMKM' ini, menurut dia, Shopee senantiasa memberikan program pelatihan, pendampingan, dan juga penerapan implementasi literasi digital untuk bisnis UMKM binaan dan juga telah dibina oleh pihak-pihak instansi pemerintahan yang bersinergi dengan Shopee.

"Kami berharap perkembangan program ekspor untuk UMKM binaan ini dapat senantiasa berlangsung dengan sistem pemasaran yang optimal hingga akhir tahun 2020 dan seterusnya," tutup Radityo. (inilah.com)