Bertambah 9 Kasus Covid Garut, Begini Sebarannya

Bertambah 9 Kasus Covid Garut, Begini Sebarannya

INILAH, Garut – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut masih terus meningkat dengan jumlah kematian bertambah dan sebaran meluas.

Selaiknya keadaan seperti itu menjadi perhatian semua pihak, terutama berkaitan upaya pencegahan penularan virus corona jenis baru tersebut. Salah satunya, seperti berulang kali diingatkan Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo pada berbagai kesempatan. 

Sebab belum ada obat atau vaksinnya maka obat paling efektif mencegah penularan Covid-19 saat ini yaitu dengan tetap menaati protokol kesehatan. Yakni dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, berolahraga teratur, beristirahat cukup, dan asupan bergizi.   

Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut sebagaimana dilansir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Garut melalui Koordinator Humas Muksin menunjukkan, pada 20 Oktober 2020, terdapat penambahan sebanyak sembilan kasus baru positif Covid-19. Sehingga total jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut bertambah lagi menjadi sebanyak 437 kasus.  

Dari sembilan kasus baru positif Covid-19 tersebut sebanyak empat kasus di antaranya berasal dari Kecamatan Malangbong, yakni perempuan (KC-430) usia 33 tahun, laki-laki (KC-431) usia 61 tahun, laki-laki (KC-432) usia 31 tahun, dan laki-laki (KC-433) usia 8 tahun. Dua kasus dari Kecamatan Pasirwangi, yakni perempuan (KC-434) usia 41 tahun dan laki-laki (KC-435) usia 32 tahun. Sebanyak dua kasus dari Kecamatan Tarogong Kidul, yaitu perempuan (KC-436) usia 52 tahun dan laki-laki (KC-437) usia 51 tahun. 

Sedangkan satu kasus lainnya asal Kecamatan Cikelet, yakni laki-laki (KC-429) usia 46 tahun. Kasus tersebut merupakan kasus positif Covid-19 pertama kali ditemukan di kecamatan belum lama ini terkena bencana banjir bersama beberapa kecamatan lain di pesisir selatan Kabupaten Garut.

Ditemukannya satu kasus baru positif Covid-19 di Kecamatan Cikelet tersebut membuat sebaran kasus positif Covid-19 bertambah luas menjadi di sebanyak 31 dari 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut. (zainul mukhtar)