Warga Sudah Ikhlaskan Lahan, Fadli Zon: Bangunlah Puncak II

Warga Sudah Ikhlaskan Lahan, Fadli Zon: Bangunlah Puncak II

INILAH, Bogor – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Periode 2019-2024 Fadli Zon mendesak lagi pemerintah pusat untuk merealisasikan pembangunan Jalan Poros Tengah Timur (PTT) atau Puncak II.

Apalagi jalan yang menghubungkan Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur tersebut tidak perlu lagi melakukan pembebasan lahan karena pemilik lahan-lahan tersebut dengan sukarela menghibahkan sebagian lahannya.

“Dalam beberapa  kesempatan saya mendesak atau sudah menyampaikan ke pemerintah pusat agar pembangunan Jalan PTT atau Puncak II direalisasikan dengan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Bagi saya ini sebuah keharusan dan tinggal realisasi karena pemerintah daerah maupun pusat tidak lagi harus melakukan pembebasan lahan karena pemilik lahan-lahan tersebut dengan sukarela menghibahkan sebagian lahannya,” ujar Fadli Zon kepada wartawan, Rabu (21/10/2020).

Politisi Partai Gerindra peraih penghargaan Bintang Mahaputera Nararya ini meminta tidak ada lagi tarik menarik kepentingan dalam pengalokasian di APBN walaupun itu masih terbilang wajar.

“Jalan PTT atau Puncak II ini kan sudah lama diusulkan oleh Pemkab Bogor dan Pemkab Cianjur. Karena itu saya minta kita mengedepankan kepentingan masyarakat yang memang membutuhkan jalan tersebut,” pintanya.

Fadli menuturkan kondisi Jalan Raya Puncak saat ini sudah overload hingga menimbulkan kemacetan lalu lintas kendaraan yang cukup panjang. Ada keluhan dari masyarakat Kecamatan Cisarua dan Kecamatan Megamendung.

“Memang membludaknya arus wisatawan ke Kawasan Puncak menguntungkan pelaku usaha wisata, namun di sisi lain dengan terjadinya kemacetan lalu lintas kendaraan yang panjang maka masyarakat Kecamatan Cisarua dan Megamendung mengalami kesulitan dalam mobilitas hingga perlu ada jalan lain menuju ke Kabupaten Cianjur ataupun Bandung,” tutur Fadli.

Dalam kesempatan ini, mantan Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 ini berharap pandemi wabah virus corona (Covid 19) segera berlalu hingga ada ketersediaan APBN.

“Mudah-mudahan pandemi Covid 19 tidak berlarut-larut hingga di Tahun 2021 mendatang pemerintah pusat memiliki anggaran untuk pembangunan insfrastruktur seperti Jalan PTT atau Puncak II,” harapnya. (reza zurifwan)