Telkom Kembali Buka Program Binaan untuk Startup

Telkom Kembali Buka Program Binaan untuk Startup
istimewa

INILAH,  Jakarta - Telkom Indonesia menunjukkan konsistensinya untuk membuka program inkubasi akselerasi startup digital. Kali ini, melalui Indigo Creative Nation, Telkom kembali membuka gelombang kedua bagi startup yang akan dibina. Telkom sendiri sudah menyediakan pendanaan hingga Rp2 miliar untuk setiap startup binaan.

Untuk diketahui, Indigo Creative Nation merupakan inisiatif Telkom Indonesia untuk mendorong tumbuhnya startup dengan melakukan mentoring, pendampingan, hingga pendanaan agar startup yang terpilih dapat tumbuh dan melangkah ke jenjang selanjutnya, misalnya mendapatkan investor atau bahkan IPO.

"Sampai saat ini, beberapa startup binaan Indigo Creative Nation sudah mendapatkan funding dari beberapa investor. Bahkan satu di antaranya bersiap untuk melakukan IPO di Jakarta Stock Exchange. Ekosistem Telkom pun menggunakan beberapa layanan yang ditawarkan startup-startup tersebut," kata
M. Fajrin Rasyid Direktur Digital Business Telkom Indonesia, dalam siaran persnya, Rabu (21/10/2020).

Lebih lanjut, Fajrin menyebut bahwa inisiasi ini telah membuka lebih dari 1 juta lapangan pekerjaan dengan 60 ribu bisnis yang sudah diluncurkan.

Tidak hanya itu, semua produk digital yang ditawarkan dalam inisiasi ini murni hasil pekerja Indonesia. Jika dihitung, valuasi startup-startup binaan itu sudah mencapai lebih dari US$140 juta.

Di pendaftaran gelombang pertama yang berlangsung dari Mei hingga Juni 2020, ada 201 startup yang berpartisipasi. Setelah proses penyaringan, setidaknya tersisa 18 startup yang diterima dalam program pembinaan ini.

Adapun pendaftaran gelombang kedua sudah mulai dilakukan sejak 1 Oktober hingga 13 November mendatang. Proses seleksi akan berlangsung pada 16-19 November 2020. Selanjutnya startup yang terpilih akan mulai melakukan pitching pada 24-26 November 2020.

Untuk diketahui, di gelombang kedua ini ada enam kategori yang diutamakan oleh Telkom Indonesia, yakni Logistik, Keuangan, Pendidikan, Travel and Tourism, Agrikultur dan Kesehatan.

Fajrin menilai beberapa kategori ini memiliki potensi besar, mengingat pandemi COVID-19 masih menyerang dunia.

Keunggulan utama yang akan diberikan Telkom Indonesia ke startup yang berhasil masuk ke program Indigo Creative Nation ini berupa akses ke 180 juta pelanggan Telkomsel, 7,5 juta pengguna IndiHome, 200 ribu corporate customer termasuk UMKM Telkom, serta 800 ribu outlet di dalam Telkom Group Market Access Market.

Tidak hanya itu, Telkom juga akan memberikan dukungan untuk mendapatkan venture capital dan inkubator/akselerator di tingkat global.

Bagi yang ingin startup-nya dibina dan didanai melalui Indigo Creative Nation ini, dapat mengunjungi website resmi Indigo untuk melakukan pendaftaran. (inilah.com)