Ikutlah Rasulullah dalam Urusan Makan dan Minum

Ikutlah Rasulullah dalam Urusan Makan dan Minum
Ilustrasi/Net

Makan merupakan kebutuhan hidup setiap manusia. Namun agar makanan yang dikonsumsi bermanfaat bagi tubuh dan mendapat nilai di mata Allah subhanahu wataala sebaiknya setiap makan memperhatikan tuntunan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Seorang muslim akan memulai makan dan minum dengan menyebut nama Allah (mengucap Basmalallah), sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW. Beliau bersabda, ".sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah apa-apa yang ada di dekatmu (maksudnya jika dalam makan berjemaah)" (Muttafaqah alaih).

Akan tetapi jika lupa menyebut nama Allah ketika pertama memulai makan dan minum, maka di tengah-tengah makan atau minum baru mengingatnya, membaca "Bismillahi Awwalahu wa Akhirahu".

Dalam hadist disebutkan, "Jika seseorang di antara kamu hendak makan atau minum, maka sebutlah nama Allah (membaca basmalallah), dan jika lupa membaca basmallah pada awal makan atau minum, maka ucapkanlah, Bismillahi Awwalahu wa Akhirahu," (HR. Abu Daud dan Tirmizi).

Terkait masalah makan dan minum ini, seorang muslim tentu akan mengikuti adab Islam bahwa makan menggunakan tangan kanannya. Dia tidak akan pernah makan dengan tangan kiri dan Rasulullah melarangnya.

Disebutkan dalam hadist, "Janganlah kamu makan dengan tangan kirimu, dan jangan minum dengan tangan kiri, sebab sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kiri," (HR. Muslim).

Demikian adab makan dan minum yang diajarkan Rasulullah salallahu alai wasalam. Semoga kita sebagai umat Islam istiqomah mengikuti ajaran beliau.