Tel-U Kembali Menjadi Tuan Rumah Gemastik

Tel-U Kembali Menjadi Tuan Rumah Gemastik
istimewa

INILAH, Bandung - Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Gemastik) kembali digelar untuk ke-13 kalinya. Pada tahun ini, pelaksanaan Gemastik sedikit berbeda, dikarenakan pademi Covid-19, pelaksanaan Gemastik dilakukan secara daring. Di tahun ini Gemastik XIII mengusung tema “Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia Maju”

Pelaksanaan Gemastik XIII dalam masa pandemi Covid-19 menyebabkan adanya penyesuaian terhadap penyelenggaraannya, dimana pada tahun ini Gemastik dilakukan secara daring mulai dari babak awal hingga akhir kegiatan. Dimana metode ini akan menjadi konsep kompetisi Teknologi Informasi dan (TIK) daring pertama di Indonesia.

Ada beberapa mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini seperti, Universitas Telkom, Universitas Indonesia, Politeknik Elektronika Surabaya, Binus University, UGM, Univ. Jember, Univ. Lampung, Institut Teknologi Sepuluh Novermber, IPB University, Univ. Brawijaya, UPI, ITB, Univ. Diponegoro, Unair, IT Telkom Purwokerto, IT Telkom Surabaya, ISI Surakarta, Unnes, UNM, Gunadarma, UII (Univ. Islam Indonesia), Unikom, dan UNY.

Gemastik merupakan program Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dimana pada tahun ini, Telkom University (Tel-U) kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah pagelaran TIK terbesar di Indonesia, yang mana Tel-U telah 4 kali menjadi tuan rumah pada ajang ini, yakni pada tahun 2008, 2009, 2019 dan saat ini 2020.

Ketua Pelaksana Gemastik XIII, Dida Diah Damajanti mengatakan bahwa, tahun ini jumlah peserta Gemastik XIII mencapai 2.869 tim untuk 11 kategori lomba, dimana seluruh tim berasal dari 175 perguruan tinggi yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia.

“Perlu kami sampaikan bahwa pada penyelenggaran Gemastik ke-13 ini seluruh divisi melakukan 1 kali tahapan seleksi dan 2 kategori yaitu Divisi Pemrograman dan Keamanan Siber melakukan tahapan seleksi secara daring. Dari hasil proses seleksi yang dilakukan oleh para juri, telah terpilih 130 tim yang berasal dari 55 perguruan tinggi dan 47  Perguruan tinggi diantaranya berasal dari luar Jawa Barat yang tersebar di 14 Provinsi," papar Dida, Kamis (22/10/2020).

Rektor Telkom University, Adiwijaya menjelaskan bahwa, walaupun kompetisi Gemastik tahun ini berbeda, semoga tidak menyurutkan semangat kompetisi yang ada di para peserta, dan bersama-sama bisa menghasilkan inovasi-inovasi terbaik untuk kemajuan bangsa Indonesia.

“Kami berharap dari kompetisi ini, muncul ide-ide baru ide segar yang bisa membangkitkan kembali semangat diri kita untuk terus berjuang dan melewati masa pandemic ini sehingga kedepan melalui teknologi informasi komunikasi kita bisa menghasilkan menghasilkan sdm unggul dan membawa indonesia maju di tahun 2045, tagasnya.

Adiwijaya menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta, seluruh dewan juri dan pimpinan perguruan tinggi dari universitas yang mengikuti kompetisi ini, dan terimakasih kepada Puspresnas yang telah mempercayakan Tel-U menjadi tuan rumah untuk kali ke-4.

“Semoga dari masing-masing cabang dan divisi lomba bisa menghasilkan solusi paling efisien dan efektif tetap semangat dan antusias walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 untuk tetap menghasilkan karya dan menyalurkan semangat inovasi dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemajuan indonesia, tambahnya. (Okky Adiana)