Rapid Wien vs Arsenal, Ajang Pelampiasan!

Rapid Wien vs Arsenal, Ajang Pelampiasan!
Ilustrasi/Net

ARSENAL terluka gara-gara takluk 0-1 di tangan Manchester City, akhir pekan lalu. Saatnya ajang pelampiasan!

Arsenal bertamu ke markas raksasa Austria, Rapid Wien, Kamis (22/10 dini hari WIB. Ini laga pembuka fase grup Europa League musim ini. Mereka diunggulkan menang.

Ya, pasukan Tim Gudang Peluru berharap bisa mendapatkan hasil baik setelah kekalahan melawan Man City. Mereka unggul segala-galanya. Dari kualitas tim, hingga pengalaman.

"Ini pertandingan yang unik karena kami belum bisa memprediksi seperti apa jalannya laga. Kami harus fokus untuk memegang kendali permainan," ujar Mikel Arteta dilansir Daily Star.

Arteta punya banyak pekerjaan rumah terkait penampilan anak-asuhnya. Yang paling mencolok, minimnya kreatifitas di lini tengah.

Maka melawan Rapid Wien, The Gunners nampak akan mencoba variasi baru dengan gunakan para pemain muda sekaligus demi kembangkan kariernya. Selain Bukayo Saka ada Eddie Nketiah, Reis Nelson dan sembilan pemain bersanding dengan skuat senior.

Laga ini juga bisa jadi debut Thomas Partey bersama Arsenal. Gelandang berusia 27 tahun tersebut baru saja diboyong dari Atletico Madrid dengan nilai transfer sebesar 45 juta pound sterling. 

Beralih ke kubu lawan, Rapid Wien bukanlah lawan yang bisa dianggap remeh. Berbeda dengan Arsenal, skuat asuhan Dietmar Kuhbauer ini punya catatan empat kali menang dalam lima laga terakhirnya.

Sayangnya Rapid Wien sempat alami kekalahan pada kualifikasi Liga Champions ronde ketiga saat bersua KAA Gent.

Gangguan Covid-19

Sayangnya, Rapid Wien harus diterpa persoalan Covid-19 jelang duel ini. Ada salah satu pemain yang positif terpapar virus corona.

Tim tuan rumah meyakinkan bahwa pihaknya telah mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan UEFA. Laga melawan Arsenal juga masih bisa digelar karena pemain lainnya negatif COVID-19.

"Sebagai bagian dari tes rutin COVID-19 di SK Rapid, seorang pemain positif setelah hasilnya keluar," bunyi pernyataan resmi Rapid Vienna seperti dikutip dari berbagai media Eropa hari ini.

"SK Rapid segera bertindak dan kami segera menjalankan konsep pencegahan Bundesliga yang berisi detail prosedur dalam menangani kasus terkonfirmasi," SK Rapid menambahkan.

Dalam pernyataan resminya, Rapid Vienna juga menjelaskan kalau pemain yang dinyatakan positif COVID-19 tidak menunjukkan gejala.

Mereka juga sudah melaporkan kejadian itu kepada pejabat berwenang setempat dan pemain serta anggota staf lainnya segera kembali menjalani tes COVID-19.

"Tes selanjutnya menunjukkan hasil negatif yang menjadi bukti efektifnya konsep tindakan pencegahan. Karena itu, latihan maupun pertandingan tidak berisiko.

 

 

LIMA LAGA TERAKHIR RAPID WIEN

17/10/20: V Neustadt 1-5 Rapid Wien

04/10/20: Rapid Wien 3-0 LASK

26/09/20: S.S Poelten 1-2 Rapid Wien

19/09/20: S Graz 1-1 Rapid Wien

15/09/20: Gent 2-1 Rapid Wien

 

LIMA LAGA TERAKHIR ARSENAL

17/10/20: Man City 1-0 Arsenal

04/10/20: Arsenal 2-1 Sheffield

01/10/20: Liverpool 3-1 Arsenal

28/09/20: Leicester 0-2 Arsenal

23/09/20: Arsenal 2-1 West Ham

PRAKIRAAN PEMAIN

Rapid Wien (4-2-3-1)

Sterbinger (GK) Ullmann, Hofmann, Greiml, Stojkovic (B) Ljubicic, Petrovic (cdm) Demir, Fountas, Arase (T) Kara (D)

Pelatih: Dietmar Kuhbauer

Arsenal (4-3-3)

Runarsson (GK) Soares, Luiz, Magalhaes, Kolasinac (B) Elneny, Partey, Maitland-Niles (T) Pepe, Nketiah, Saka (D)

Pelatih: Mikel Arteta