Liga 1 Jadi 2 Wilayah? Begini Pandangan Robert Alberts

Liga 1 Jadi  2 Wilayah? Begini Pandangan Robert Alberts
Pelatih Persib Bandung Robert Alberts. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memastikan tidak akan menghentikan program latihannya meski Liga 1 2020 belum menemui kejelasan. 

Pelatih asal Belanda ini akan terus berupaya menjaga kondisi para pemainnya sekalipun sesi latihan saat ini sudah mulai dikurangi. Semula lima kali, menjadi tiga kali dalam sepekan. 

"Kami sudah mendengar bahwa tidak akan ada izin. Tapi semua bisa berubah dengan cepat apa yang bisa terjadi di Indonesia," ujar Robert. 

Karena itu, Robert harus tetap mempersiapkan timnya dengan baik. Sehingga ketika kompetisi bisa dilanjutkan, timnya sudah dalam keadaan siap tempur. 

"Jika terjadi perubahan dengan alasan lainnya kami juga mengantisipasinya. Tapi seperti yang saya katakan, fokus kami saat ini adalah bersiap untuk Januari karena itu kabar utama yang kami dengar," tegasnya. 

Robert tak mempermasalahkan sekalipun Liga 1 2020 nanti harus berubah format. Terlebih PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah memutuskan akan mengganti format menjadi dua wilayah jika kompetisi dilanjutkan Januari 2021. 

"Jika liga diputuskan kembali dimulai pada Januari maka klub akan dibagi menjadi dua wilayah yang tiap grupnya diisi sembilan klub. Dan nantinya akan ada babak playoff 8 besar hingga ditentukan juaranya," tuturnya. 

Namun keputusan ini, lanjutnya, membuat Persib akan sedikit mengalami kerugian. Pasalnya di Liga 1 2020, Maung Bandung menempati peringkat pertama dengan torehan 9 poin dari tiga pertandingan yang telah dijalani. 

"Tentunya ini tidak adil untuk tim yang sudah mendapat banyak poin, tapi kami juga tidak bisa hanya melihat pada tim sendiri. Kami harus melihat dari sudut pandang sepak bola Indonesia, dan kami selalu bekerjasama untuk urusan perkembangan sepak bola di Indonesia. Karena akan ada Piala Dunia U-20 2021 dan kami harus memperhatikan juga motivasi pemain," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)