Kasus Positif Covid-19 di Garut Terus Bertambah, Warga Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Kasus Positif Covid-19 di Garut Terus Bertambah, Warga Diminta Patuhi Protokol Kesehatan
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Garut kembali bertambah sebanyak lima kasus pada Rabu (21/10/2020). Sehingga total kasus positif Covid-19 di Garut menjadi sebanyak 442 kasus.

Kelima kasus baru positif Covid-19 itu terdiri dua kasus dari Kecamatan Kadungora, yaitu laki-laki (KC-440) usia 26 tahun dan perempuan (KC-441) usia 22 tahun; dua kasus dari Kecamatan Leles, yakni perempuan (KC-439) usia 38 tahun dan laki-laki (KC-438) usia 19 tahun; serta satu kasus dari Kecamatan Samarang, yaitu perempuan (KC-442) usia 35 tahun.

Menurut Koordinator Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Garut Muksin, temuan kasus KC-439, KC-440, dan KC-442 diperoleh dari hasil pemeriksaan RT PCR Laboratorium RSUD. dr. Slamet Garut pada sebanyak 154 sampel swab. Sedangkan temuan kasus KC-438 dan KC-441 diperoleh dari hasil pemeriksaan RT PCR di fasilitas pelayanan kesehatan lain.

"Sebenarnya, dari hasil pemeriksaan sampel swab di RSUD dr Slamet Garut juga ditemukan satu kasus konfirmasi positif warga berdomisili di Kabupaten Cirebon. Namun karena domisilinya itu maka kasusnya tidak dicatatkan sebagai kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Garut," kata Muksin.

Kendati terdapat penambahan kasus baru positif Covid-19, Muksin yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut itu menyebtukan, terdapat sebanyak empat pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh atau selesai pemantuan isolasinya di rumah sakit. Sebanyak tiga orang asal Kecamatan Garut Kota, yaitu perempuan (KC-287) usia 25 tahun, laki-laki (KC-270) usia 73 tahun, dan laki-laki (KC-297) usia 40 tahun. Sedangkan satu orang lainnya asal Kecamatan Balubur Limbangan, yaitu balita laki-laki (KC-305) usia satu tahun.

Dengan begitu, total jumlah pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Garut bertambah menjadi sebanyak 379 kasus. 

Sedangkan jumlah pasien positif Covid-19 masih dalam isolasi perawatan di rumah sakit, sesuai data dirilis GTTP Covid-19 Kabupaten Garut, hingga pukul 22.00 WIB, mencapai sebanyak 148 orang.

Total jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Garut sendiri meliputi kasus positif, suspek, kontak erat, dan probable mencapai sebanyak 10.216 kasus dengan 53 kematian. Rinciannya terdiri 442 kasus positif dengan 15 kematian, 3.160 kasus suspek dengan 38 kematian, 6.614 kasus kontak erat, dan nol kasus probable.

Berkaitan masih bertambahnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut yang ditengarai merupakan transmisi lokal didominasi klaster keluarga, Muksin kembali mengingatkan masyarakat agar terus melakukan upaya pencegahan dengan menaati protokol kesehatan (prokes) sebagaimana dianjurkan Pemerintah. Yakni dengan cara tetap memakai masker di rumah maupun luar rumah, menerapkan etika batuk dan bersin, mencuci tangan dengan sabun, makan asupan bergizi seimbang, beristirahat cukup dan mengelola stress dengan baik.

Karena itu pula, upaya pencegahan menjadi sangat penting dengan menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan di dalam keluarga sendiri. Sebab hingga kini, penularan virus corona pada klaster keluarga masih menjadi ancaman serius.(zainulmukhtar)