Pantau PJJ Melalui TV Satelit, Dewan Sidak Ke Kelurahan Derwati

Pantau PJJ Melalui TV Satelit, Dewan Sidak Ke Kelurahan Derwati
Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung, Nunung Nuraisah. (Yogo Triastopo_

INILAH, Bandung - Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung, Nunung Nuraisah melakukan inspeksi mendadak ke Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung pada Kamis (22/10/2020) untuk memantau pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui TV Satelit 132.

Berlokasi di di Jalan Keadilan X RT 09, RW 10 Komplek Riung Bandung, Nunung hadir didampingi Camat Rancasari, Hamdani dan Lurah Derwati Boedhi untuk melihat langsung bagaimana proses PJJ melaui TV Satelit 132 yang dilakukan sejumlah siswa sekolah dasar (SD) di kawasan itu.

Dari hasil pemantauan langsung di lapangan, dituturkannya, peralihan PJJ dari daring ke TV Satelit 132 belum sepenuhnya efektif. Sebab, DPRD Kota Bandung belum mendapat laporan hasil uji kelaiakan dan pengkajian terkait program PJJ melalui TV Satelit 132.

"Suatu program harus terlebih dahulu ada kajian analisis kebutuhan, dan uji kelayakan. Ini kan menyangkut khalayak banyak, dan melibatkan semua sektor. Bukan hanya Disdik, tetapi guru, siswa, orang tua dan aparat setempat. Ini harus komprehensif, jangan tergesa-gesa," kata Nunung.

Hemat dia, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung baiknya memaksimalkan PJJ secara daring dan luring yang lebih dahulu telah berjalan. Disdik Kota Bandung dapat memaksimalkan peran guru dalam PJJ dan lebih tepat sasaran.

Sambung dia, metode PJJ melalui TV Satelit 132 hanya berjalan satu arah. Dengan metode seperti ini, artinya siswa siswi hanya bisa menyaksikan penjelasan guru melalui TV dan tidak mendapat pendampingan dari tenaga pendidikan.

"Anak bisa multi tafsir kalau tidak ada pendampingan dari guru ketika belajar agama. Mayoritas keluhannya sama, tidak di daerah ini saja. Sudah terpasang tetapi sinyal kurang baik, otomatis proses belajar terkendala," ucapnya.

Nunung menambahkan, pihaknya akan segera melakukan pertemuan dengan Disdik Kota Bandung untuk membahas semua hal. Karena dia menilai, hal itu penting dilakukan lantaran pendidikan telah menjadi kebutuhan dasar. (Yogo Triastopo)