Kesenjangan Digital Dunia Pendidikan Butuh Solusi

Kesenjangan Digital Dunia Pendidikan Butuh Solusi
istimewa

INILAH,Jakarta -Instruksi untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19 ini harus diikuti langkah konkret dengan berbagai permasalahannya salah satunya adalah akses daring yang belum merata di Indonesia.

Kelas Pintar sebagai platform pendidikan melihat hal ini sebagai tantangan untuk berkolaborasi demi masa depan pendidikan yang lebih baik.

Fernando Uffie, CEO dan Founder Kelas Pintar menuturkan pola PJJ saat ini menurutnya masih terkendala oleh infrastruktur, baik itu jaringan maupun ketersediaan perangkat.

"Untuk itu, Kelas Pintar aktif membangun sinergi dengan penyedia jaringan maupun perangkat," ujar Uffie saat menjawab pertanyaan INILAHCOM.

Ia mencontohkan untuk akses internet misalnya, Kelas Pintar jadi salah satu solusi pendidikan berbasis teknologi yang masuk dalam list rekomendasi Kemendikbud, dimana pelanggan Kelas Pintar mendapat subsidi kuota.

"Kami juga bekerja sama dengan operator selular dan vendor perangkat, dalam konteks untuk memberikan akses internet dan perangkat yang lebih terjangkau" tambahnya.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kemampuan mengadaptasi teknologi dari masing-masing stake holder yang ada dalam dunia pendidikan dan kami memberikan Solusi Sahabat Pintar yang memberikan berbagai bimbingan teknologi bagi setiap stake holder yang membutuhkan pemahaman tentang teknologi secara lebih jauh.

Saat ini kompleksnya permasalahan, terutama karena faktor infrastruktur jaringan internet dan kondisi perekonomian siswa atau orangtua siswa, membuat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh belum bisa optimal di seluruh daerah.

Harus ada solusi konkret dari pemerintah juga untuk keberlanjutan pembelajaran jarak jauh agar semua siswa mendapat hak yang sama dalam pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini. (inilah.com)