Musim Hujan Datang, Bandung Mulai Antisipasi Bencana

Musim Hujan Datang, Bandung Mulai Antisipasi Bencana
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus melakukan mitigasi bencana di musim penghujan termasuk fenomena La Nina.

Menurutnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut Kota Bandung telah memasuki musim penghujan dan dampak La Nina membuat curah hujan tinggi.

"BMKG memperkirakan akan berlangsung samapai Maret tahun depan. Bandung sebagai daerah cekungan harus mewaspadai beberapa hal kemungkinan bisa terjadi. Contoh seperti bencana longsor, banjir dan pohon tumbang," kata Yana di Balai Kota Bandung pada Jumat (23/10/2020).

Menurut dia, aparat di kewilayahan pun harus meningkatkan upaya mengurangi risiko bencana. Salah satunya seperti membersihkan saluran air, gorong-gorong dan sungai.

Yana pun berharap, selain meningkatkan mitigasi oleh petugas dan aparat di kewilayahan. Dirinya ingin adanya kolam retensi seperti di kawasan Jalan Bima untuk meminimalisir banjir Sungai Citepus.

"Bukan Sungai Citepus saja, termasuk di wilayah Gedebage. Mudah-mudahan, kalau terjadi curah hujan tinggi dapat terserap oleh kolam retensi. Kita imbau semua waspada," ucapnya.

Sambung dia, Pemkot Bandung fokus terhadap penanganam bencana di wilayah Bandung Timur dan Barat. Namun, pihaknya pun telah koordinasi dengan wilayah Bandung Raya terkait upaya bencana. (Yogo Triastopo)