Ini Kunci Keberhasilan Kecamatan Rancasari Turunkan Kasus Positif Covid-19

Ini Kunci Keberhasilan Kecamatan Rancasari Turunkan Kasus Positif Covid-19
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Camat Rancasari Hamdani mengatakan, pihaknya berhasil menurunkan angka kasus terkonfirmasi Covid-19. Dari 71 warga di empat kelurahan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung itu kini tinggal menyisakan empat orang saja.

Keempat orang tersebut tersebar di tiga kelurahan. Yakni Kelurahan Mekarjaya sebanyak dua orang, Kelurahan Cipamokolan sebanyak satu orang, dan Kelurahan Derwati sebanyak satu orang.

"Poin keberhasilan adalah kerjasama semua pihak. Mulai dari lurah, danramil, polsek hingga warga dan komunitas. Kita pun rutin melakukan koordinasi, dan selalu turun ke lapangan untuk menerapkan 3M," kata Hamdani, Jumat (23/10/2020).

Menurutnya, kunci keberhasilan Kecamatan Rancasari lainnya yaitu terkait kepedulian masyarakat. Dia menyebutkan, setiap warga saling bahu-membahu ketika ada tetangganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan tengah melakukan isolasi.

"Warga saling membantu ketika ada tetangganya yang terkonfirmasi positif Covid-19. Contoh mereka memenuhi kebutuhannya dan menerapkan PSBM (pembatasan sosial berskala mikro) tingkat RT," ucapnya.

Selain itu, upaya lainnya yang terus dilakukan yakni gencar melakukan sosialisasi dan menggelar oeprasi yustisi untuk mengingatkan masyarakat disiplin protokol kesehatan. (Yogo Triastopo)