Phil Foden Selamatkan City, Tapi Belum Mampu ke Papan Atas

Phil Foden Selamatkan City, Tapi Belum Mampu ke Papan Atas

INILAH, London - Langkah Manchester City masih tertahan. Mereka hanya mampu bermain imbang 1-1 di Stadion Upton Park, London, kandang West Ham United, Sabtu (24/10/2020).

Hasil imbang ini belum mengangkat posisi Manchester City dari papan tengah. Mereka menduduki peringkat ke-11, persis di bawah West Ham. Keduanya sama-sama mengoleksi 8 poin dan West Ham memiliki selisih gol lebih baik.

West Ham United secara mengejutkan mampu membuka gol saat pertandingan baru jalan 19 menit. Antonio menjebol gawang pasukan Pep Guardiola itu dengan aksi yang mengesankan.

Gol bermula dari serangan yang dibangun Bowen ke pertahanan lawan. Bola lepas, tapi masih bisa didapatkan Soucek di pojok lapangan. Dia mengembalikan bola ke arah Coufal yang mengirim umpan silang untuk diselesaikan Antonio. Meski berada dalam tempelan bek lawan, Antonio berhasil melepaskan tendangan salto menaklukkan kiper lawan.

Gol Antonio itu membuktikannya sebagai penyerang paling efektif di Liga Primer akhir-akhir ini. Itu adalah golnya yang ke-11 dalam 15 penampilan sejak kompetisi dimulai kembali. Dia hanya kalah dibanding Harry Kane yang encetak 12 gol.

West Ham terus menekan. Kali ini Fornals yang melepaskan umpan silang. Sayangnya, umpannya terlalu keras. Muncul tanda-tanda terjadi hands ball, tapi VAR tak menunjukkannya.

Lima menit kemudian, Antonio kembali membuka peluang. Dia menyusur pertahanan lawan, tapi bek Manchester City mampu mengacaukannya sehingga tendangannya tak terarah.

Memasuki babak kedua, Manchester City menunjukkan kebangkitannya. Mereka menyamakan kedudukan di menit ke-52. Phil Foden yang menerima umpan Cancelo melewati sejumlah pemain belakang lawan sebelum menceploskan bola ke pojok kanan gawang.

Di 10 menit terakhir, kedua kubu mendapatkan dua peluang untuk mencetak gol. Di menit ke-84, Paolo Fonals dari West Ham menerima umpan panjang dan melepaskan tendangan. Dia berupaya mengejutkan kiper lawan, tapi berhasil dimentahkan.

Dua menit berikutnya, giliran Raheem Sterling yang hampir menjebol gawang tuan rumah. Dia menerima umpan di kotak penalti. Sialnya, tendangannya langsung teruju ke arah kiper Lukas Fabianski.