Nakagami Raih Pole Position untuk Pertama Kali

Nakagami Raih Pole Position untuk Pertama Kali

INILAH, Madrid - Takaeki Nakagami mencatat sejarah ganda. Untuk pertama kalinya, dia meraih pole position di Grand Prix Teurel di Sirkuit Aragon. Dia pun jadi pembalap Jepang pertama yang start di posisi terdepan dalam 16 tahun terakhir.

Jepang tak pernah menghaidrkan pembalap di pole position kelas utama itu sejak Makoto Tamada melakukannya pada 2004. Takagami mengakhirnya bersama tim LCR Honda dengan mencatatkan waktu tercepat 1 menit 46,882 detik di Sirkuit Aragon.

Nakagami mencatat waktu 1 menit 48,139 detik di awal kualifikasi kedua sebelum Maverick Vinales dari Yamaha mengambil alih dengan waktu 1 menit 47,908 detik.

Tak lama berselang, pembalap Suzuki pun merebut posisi tercepat itu dengan 1 menit 47,593 detik. Tapi, posisinya ternyata belum aman. Nakagami kemudian memacu motornya dan mencatat waktu 1 menit 47,072 detik.

Pembalap Petronas, Franco Morbidelli nyaris mengagalkan posisi pole Nakagami di kesempatan terakhir. Tapi, dia masih tertinggal 0,063 detik. Rins sendiri kemudian menduduki peringkat ketiga di putaran terakhir itu dengan tertinggal 0,275 detik.

Maverick Vinales naik ke posisi start keempat atau baris kedua melalui kesempatan terakhirnya. Sementara Johann Zarco yang mengawalinya dari kualifikasi pertama, berada di posisi kelima dan menjadi pembalap Ducati paling unggul.

Sementara itu, pimpinan perolehan poin tertinggi sementara Joan Mir hanya menduduki posisi start ke-12, sementara Andre Dovizioso bahkan di posisi ke-17.

Kandidat juara dunia lainnya, Fabio Quartararo pun hanya menduduki posisi keenam, tertinggal 0,444 detik dari Nakagami. Sedangkan Alex Marquez yang podium di dua balapan terakhir pun hanya akan start di posisi ke-10.