Start P-10, Podium Lagi? Ini Kata Alex Marquez!

Start P-10, Podium Lagi? Ini Kata Alex Marquez!

INILAH, Madrid - Minggu lalu, dia start di posisi ke-11, tapi menyudahi balapan di posisi kedua. Kali ini, di sirkuit yang sama, Aragon, Alex Marquez start di posisi ke-10. Mungkinkah podium lagi?

Alex Marquez mengaku dirinya butuh keberuntungan jika ingin naik podium kembali di Sirkuit Aragon. Terlebih, di kelompok start di posisi tengah itu, dia harus bersaing dengan pembalap-pembalap papan atas lainnya.

Seperti diketahui, tiga posisi terdepan dalam start di Aragon, Minggu (25/10/2020) ini bakal ditempati Takaaki Nakagami, Franco Morbidelli, dan Alex Rins. Sementara trio kandidat juara dunia, Joan Mir, Andrea Dovizioso, dan Fabio Quartararo berada di sekitar Alex Marquez.

Pembalap rookie Repsol Honda ini, seperti minggu lalu, juga langsung lolos ke kualifikasi kedua. Dan dia lolos di posisi start yang lebih baik pekan lalu, meskipun tertinggal 0,721 detik di belakang Takaaki Nakagami.

Alex Marquez sendiri mengakui dia memperhitungkan yang lebih baik dari dalam balapan nantinya. Target realistisnya adalah berada di posisi lima besar.

"Langkahnya ada di sana. Pekan lalu kami (mencatat waktu kualifikasi) 1 menit 48,1 detik, hari ini 1 menit 47,6 detik, pagi harinya 1 menit 47,5 detik," ujar Alex Marquez.

Dia sendiri menyebutkan sejak awal sebenarnya berharap sedikitnya bisa start di posisi tiga terdepan. "Tapi, tertinggal 0,5 detik membuat kami tak bisa mewujudkannya. Tapi, bagaimanapun, kami masih memiliki kecepatan bagus. Kami punya peluang," sebutnya.

Dia membenarkan, start kembali dari posisi ke-10 akan membuatnya kesulitan untuk kembali naik podium. Sebab, pembala-pembalap lain juga melaju lebih cepat.

"Jadi, mungkin akan sulit bagi siapapun, tapi saya punya kecepatan yang bagus, terutama dengan ban yang dipakai. Saya akan mencoba melakukan start yang bagus dan bangkit dari belakang," tambahnya.

Menurutnya, jika realistis, mereka berpeluang masuk dalam 5 besar. Tapi, dari 5 besar, mereka membutuhkan keberuntungan. "Jadi, besok targetnya adalah berada di enam besar, lima besar, dan mencoba melakukan balapan yang bagus," katanya pula.