Bandung Bakal Diserbu Wisatawan, Ini Pesan Yana Mulyana

Bandung Bakal Diserbu Wisatawan, Ini Pesan Yana Mulyana

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta kepada masyarakat tidak memaksakan diri untuk berlibur saat libur panjang pada akhir Oktober pekan ini.

Sebagai kota jasa, dia tidak memungkiri apabila Kota Bandung akan dikunjungi banyak wisatawan. Namun, pihaknya akan berupaya melakukan antisipasi dengan standar protokol kesehatan ketat. 

"Masyarakat yang kondisinya kurang sehat, jangan memaksakan. Tetapi yang paling mungkin kita lakukan, adalah mengajak pelaku usaha melakukan standar kesehatan yang sangat ketat," kata Yana di Balai Kota Bandung pada Senin (26/10/2020). 

Menurutnya, pemerintah tidak dapat mengetahui wisatawan yang datang ke Bandung berasal dari wilayah berstatus zona merah, zona oranye, zona kuning atau zona hijau Covid-19.  

"Kita tidak tahu mereka datang dari zona mana. Tetapi upaya yang dapat kita lakukan, yaitu tadi, menerapkan protokol kesehatan agar wisatawan ini merasa aman," ucapnya. 

Selain hal itu, Yana meminta kepada masyarakat agar menggunakan satu kendaraan apabila melakukan liburan. Ini dilakukan untuk mempermudah kontrol kondisi kesehatan. 

"Sebetulnya kita sudah menyiapkan teman-teman dari Satpol PP sudah siap, Dishub juga udah siap, teman-teman kewilayahan juga sudah siap. Tadi kuncinya prokes yang ketat," ujar dia. 

Dia menegaskan akan menindak tegas kepada wisatawan dan pelaku usaha yang kedapatan melanggar protokol kesehatan. Mereka akan dikenai sanksi sosial dan administratif.  

"Kita pun belum membuka ruang-ruang publik, seperti taman untuk masyarakat. Sebab, jangkauan pengawasannya yang masih belum dapat dilakukan secara maksimal," tandasnya. (Yogo Triastopo)