Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Menengah-Atas Rajin Belanja

Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Menengah-Atas Rajin Belanja
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau masyarakat menengah ke atas agar rajin berbelanja. Hal ini agar tidak terjadi krisis ekonomi berkepanjangan di masa pandemi Covid-19.

Ridwan Kamil mengatakan, saat ini indeks tabungan cenderung masih terlalu tinggi. 

"Ini tidak mempromosikan pemborosan. Ajakan ini untuk menolong UMKM yang hampir mati dan mau tutup dan mau PHK. Supaya tidak terjadi krisis ekonomi berkepanjangan," ujar Ridwan Kamil, Senin (26/10/2020).

Menurut dia, sektor perdagangan saat ini menurun lantaran masyarakat menengah ke bawah tidak mampu membeli barang. Di mana pihaknya pun membantu dengan hadirnya bantuan sosial baik berupa paket sembako maupun tunai. 

"Nah menengah-atas terlalu banyak menyimpan uang, sehingga itu memberatkan perbankan yang harus membayar bunga dan lain-lain dalam jangka panjang," katanya. 

Karena itu, Emil mengimbau untuk kelompok masyarkat menengah ke atas agar rajin pergi ke warung maupun membeli produk baju di UMKM. Hal ini dilakukan hingga kondisi kembali normal dari pandemi Covid-19. 

"Kalau situasi sudah normal, mesin sudah normal lagi, maka diseimbangkan lagi gaya hidupnya," ucap dia. 

Lebih lanjut, Emil juga meminta masyarkat menegah ke atas agar tidak menunggu maupun membatalkan untuk membeli kendaraan bermotor. Kendati rencana pajak 0% yang digaungkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrayani Batal, namun Emil berharap masyarkat tidak membatalkan untuk membeli otomotif. 

"Artinya enggak usah menunggu macam-macam beli saja mobil motor karena kalau beli mobil motor pajaknya menjadi pendapatan provinsi yang sedang menurun. Jadi saya imbau yang mau membeli otomotif mohon jangan ditahan proses pembeliannya," pungkas dia. (Rianto Nurdiansyah)