Teh Nia Janjikan Kartu Akses untuk Permudah Pelayanan Kesehatan

Teh Nia Janjikan Kartu Akses untuk Permudah Pelayanan Kesehatan
Calon Bupati Bandung Kurnia Agustina (kiri). (Dani R Nugraha)

INILAH,Bandung- Jika dipercaya menjadi Bupati Bandung, calon Bupati Nomor urut 1, Kurnia Agustina atau akrab disapa Teh Nia akan mengembangkan model kartu akses dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan masyarakat Kabupaten Bandung mendapat pelayanan kesehatan.

Kartu akses tersebut nantinya bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dengan cara membership. Dengan kartu akses tersebut, masyarakat Kabupaten Bandung akan dipermudah mendapatkan pelayanan kesehatan dimana saja.

"Melalui konsep perkembangan teknologi, saya akan ciptakan model kartu akses. Bikin member, agar masyarakat mendapat kemudahan pelayanan dan bisa digunakan dimana saja," kata Teh Nia di sela-sela kegiatan blusukannya di Margahayu, Senin (26/10/2020).

Selain itu, Teh Nia juga akan mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan. Meski Kabupaten Bandung ditunjang dengan fasilitas yang memadai namun jika tidak berbanding lurus dengan SDM, maka pelayanan kesehatan juga tidak akan optimal. Terlebih, kata dia, jumlah penduduk di Kabupaten Bandung saat ini mencapai 3,7 juta jiwa. 

Teh Nia optimistis jika pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Bandung akan semakin baik. Apalagi, Kabupaten Bandung sebentar lagi akan memiliki rumah sakit tipe B. Rumah sakit yang rencannya rampung di Desember 2020 itu dengan biaya pembangunan ditanggung sepenuhnya dengan APBD diklaim akan menjadi fasilitas kesehatan yang sangat memadai. Baik dari sarana dan prasarananya. 

"Hadirnya rumah sakit tipe B ini tentu bisa mendorong maksimalnya pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tentu juga SDMnya sangat memadai. Dengan SDM yang memadai dan selaras dengan optimalnya pelayanannya, maka juga bisa meningkatkan PAD," ujarnya. 

Teh Nia menyebut, rumah sakit yang tengah dibangun Pemkab Bandung tersebut lokasinya cukup strategis dan representatif. Selain memiliki luas lahan yang cukup besar, aksesnya pun sangat mudah karena kehadiran Tol Soroja. 

Untuk mendukung pelayanan kesehatan dengan hadirnya rumah sakit bertipe B tersebut, Teh Nia juga berkomitmen memaksimalkan sarana dan sistem pelayanan kesehatan di setiap wilayah kecamatan. Konsep pelayanan yang mudah akan ia terapkan dengan menggunakan sistem teknologi. 

"Melalui Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang ditunjang sarana yang mumpuni, fasilitas yang memadai, dan akses transportasi yang mudah, saya optimistis bisa meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Tentu nantinya juga akan berdampak pada peningkatan PAD Kabupaten Bandung untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.