17 Setu di DAS Ciliwung dan Cisadane Akan Direvitalisasi

17 Setu di DAS Ciliwung dan Cisadane Akan Direvitalisasi
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor-Setelah merevitalisasi 4 buah setu di Tahun 2020 ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-PR) dan Pemkab Bogor akan merevitalisasi 17 situ lainnya.

Dengan dana bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN), 17 situ yang akan direvitalisasi ini berada di wilayah hulu atau tengah Sungai Ciliwung dan Sungai Cisadane.

"Tahun ini 4 situ di Kecamatan Cisarua, Cibinong, Gunung Putri dan Kemang sudah direvitalisasi oleh KemenPU-PR atau Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane, saat ini kami sedang membahas untuk merevitalisasi 17 situ lainnya baik untuk pengendalian banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung dan Cisadane," kata Kabid Insfrastruktur dan Pengembangan Wilayah Badan Perencana Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Dani Rahmat kepada wartawan, Senin, (25/10).

Mantan Kabid Perijinan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) ini menerangkan dengan direvitalisasi maka secara normal situ-situ tersebut kembali fungsinya sebagai penyimpan air.

"Dengan mengembalikan fungsinya, situ-situ itu diharapkan bisa menyimpan air hingga aliran air ke DKI Jakarta maupun Provinsi Banten terkendali hingga bisa mencegah terjadinya bencana alam banjir," terangnya.

Dani sapaan akrabnya menuturkan selain berfungsi sebagai penyimpan air dan pengendali banjir, keberadaan situ juga bisa menjadi sentra ekonomi maupun wisata.

"Situ bisa dimanfaatkan pemerintah daerah maupun desa untuk menjadi tempat wisata dan perdagangan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang penting pengendalian kawasan sekitar situ tetap terjaga," tutur Dani.

Untuk memuluskan rencana ini, KemenPU-PR maupun Pemkab Bogor akan menerbitkan peraturan, Pemkan Bogor sendiri akan membentuk peraturan daerah (Perda) ataupun peraturan bupati (Perbup).

"Payung hukum pelestarian dan pemanfaatan situ ini sudah disiapkan oleh KemenPU-PR, tinggal Pemkab Bogor yang akan membentuk Perda atau Perbup," lanjutnya. (Reza Zurifwan)