10 Tips Menghemat Pulsa yang Bikin Kantong Jebol

10 Tips Menghemat Pulsa yang Bikin Kantong Jebol
istimewa

Pandemi COVID-19 membuat gaya hidup turut berubah, terutama pemakaian pulsa handphone. Hal ini berakibat pada pengeluaran keuangan, meski sebagian besar masyarakat lebih banyak di rumah. Salah satunya adalah pengeluaran pulsa telepon yang membengkak.

Namun pada dasarnya, pulsa cepat habis bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti masalah pada perangkat atau smartphone, dan juga kesalahan dari penggunanya sendiri. Yang pasti, saat menyadari pulsa begitu cepat tersedot walaupun baru diisi ulang, Anda perlu mencari tahu akar penyebabnya.

Berikut tips yang perlu Anda lakukan dan hindari kebiasaan yang bisa membuat pulsa cepat habis.
1. Jangan Lagi Menggunakan SMS
Selayaknya telepon, mengirim pesan singkat atau SMS juga menjadi fitur penting pada ponsel. Walaupun kini sudah ada banyak aplikasi yang bisa membebaskan penggunanya untuk mengirim pesan singkat dengan gratis, sebagian orang mungkin saja masih tidak bisa lepas dari layanan SMS ini. Nah, saat digunakan terlalu banyak, sering SMSan dapat membuat pulsa tidak terasa lekas habis.
2. Setop Berlangganan SMS Premium
Meski tidak sebooming dulu, dewasa ini, layanan SMS premium masih tetap ada dan ditawarkan kepada pengguna ponsel. Saat berlangganan layanan ini, pulsa Anda akan berkurang setiap kali mendapatkan SMS premium, biasanya dengan tarif 2 ribu Rupiah per SMSnya. Jadi, jika Anda saat ini sedang berlangganan SMS premium, tidak ada salahnya untuk berhenti agar pulsa menjadi lebih hemat.
3. Hindari Pemakaian Aplikasi Streaming
Siapa yang tidak suka menghabiskan waktu luang dengan menonton video Youtube atau film? Kebanyakan dari Anda pasti pernah menggunakan aplikasi streaming di smartphone untuk sekadar menghilangkan kebosanan di saat senggang. Hal ini tentunya tanpa sadar akan menguras kuota internet dengan cepat.
Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan paket internet khusus untuk streaming yang memiliki jumlah kuota tertentu yang bisa digunakan untuk aplikasi tertentu. Tentunya, saat kuota internet tersebut sudah habis, barulah operator akan secara otomatis menyedot pulsa sebagai penggantinya sehingga akan jauh lebih hemat.
Sebagai contoh, Anda bisa memilih paket internet Indosat Freedom U yang menyediakan kuota tersendiri untuk tiap aplikasi. Apabila Anda menggunakan provider XL, ada paket Xtra Combo baru yang menyediakan kuota khusus streaming. Begitu juga dengan provider-provider lainnya yang bisa dicoba sendiri.
Untuk itu, tetap ingat waktu kala menggunakan aplikasi streaming dan langsung beli paket internet baru saat kuotanya sudah habis agar pulsa Anda tidak habis tersedot.
4. Keasyikan Bermain Media Sosial
Keasyikan bermain media sosial bisa menjadi alasan selanjutnya mengapa pulsa cepat habis. Hampir semua aplikasi media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan juga Instagram, berisi dengan video dan juga foto. Agar bisa melihatnya, Anda pasti membutuhkan koneksi internet dan juga kuota.
Karena seringkali membuat lupa waktu, tanpa disadari Anda telah menggunakan semua kuota internet untuk menjelajah media sosial. Alhasil, selayaknya di aplikasi streaming, pulsa Anda akan menjadi korban dari terlalu asyik bermain media sosial.
5. Jangan Terlalu Sering untuk Tethering Hotspot
Tethering hotspot menjadi salah satu fitur penting pada smartphone. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, Anda bisa memfungsikan ponsel sebagai Wi-Fi portable dan dapat memberikan koneksi internet ke perangkat lain yang terhubung.
Namun, karena membagi koneksi internet ke pengguna lain, tethering hotspot mampu menghabiskan kuota internet dalam sekejap. Jika habis, lagi-lagi pulsa Anda yang akan tersedot saat digunakan untuk internetan.
6. Fitur Data Roaming Sedang Aktif
Data roaming adalah data internet yang dapat digunakan saat bepergian ke negeri orang. Karena memiliki tarif dan penghitungan kuota yang berbeda, data roaming ini bisa menjadi penyebab pulsa cepat sekarat. Jadi, pahami betul-betul kebijakan operator kartu SIM Anda mengenai pemakaian data roaming ini.
7. Kurangi Hobi Teleponan
Praktis berkomunikasi merupakan salah satu fitur utama yang menjadi daya tarik utama mengapa banyak orang menggunakan pulsa, salah satunya adalah dengan telepon. Namun, meski bisa dilakukan dengan mudah, di mana saja, dan kapan saja, teleponan bisa menjadi alasan mengapa pulsa Anda cepat habis, terlebih kalau sampai lupa waktu.
Jadi, saat digunakan untuk telepon dalam jangka waktu yang lama, secara otomatis pulsa akan terus tersedot dan lebih cepat habis.
8. Jangan Membeli RBT atau Ring Back Tone
Beberapa dari Anda mungkin senang saat mendengar Ring Back Tone atau nada dering saat menelepon seseorang. Namun, tahukah Anda bahwa membeli RBT dapat membuat pulsa cepat habis?
Meski terkesan murah, RBT biasanya mempunyai masa aktif tertentu dan akan secara otomatis diperpanjang dengan pulsa. Jadi, dalam jangka panjang, pemakaian nada dering ini bisa membuat pulsa Anda banyak terpotong tanpa disadari.
9. Hindari Aplikasi Berbayar
Tidak semua aplikasi yang ada di Google Playstore atau App Store bisa diunduh dengan cuma-cuma. Tak sedikit aplikasi, termasuk juga game, harus dibeli terlebih dahulu sebelum bisa didownload. Tentunya, salah satu metode yang bisa dipilih untuk membayarnya adalah dengan pulsa sehingga berisiko untuk boros.
10. Main Game Smartphone Sewajarnya, Jangan Sampai Kecanduan
Kebanyakan game yang ada pada smartphone memanglah bisa diunduh secara gratis. Namun, meski bisa dimainkan tanpa modal, hampir semua permainan di smartphone menawarkan transaksi jual beli item dan fitur tambahan agar bisa menambah keasyikan saat bermain.
Nah, ketika kecanduan, pemain game di smartphone tidak akan ragu untuk membeli berbagai penawaran di dalam permainan tersebut. Jika dibeli dengan pulsa, tidak mengherankan jika pulsa cepat habis menjadi masalah yang saat ini sedang dialami. (inilah.com)