Aliran Air Kawasan Sukamulya Kota Bandung Terus Dibersihkan

Aliran Air Kawasan Sukamulya Kota Bandung Terus Dibersihkan
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat meninjau saluran air yang di kawasan Sukamulya. (yogo triastopo)

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota Bandung terus membersihkan saluran air di kawasan Sukamulya, Kecamatan Sukajadi. Hal itu agar dapat meminimalisir terjadinya genangan air saat hujan.

Menurut Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Pemkot Bandung juga akan mencoba untuk membagi beban agar saluran air yang di kawasan Sukamulya agar tidak terlalu padat.

"Kita coba cari solusi bersama. Ini ada beban saluran yang terlalu berat. Kita coba membagi supaya beban salurannya tidak berat berbagai sungai," kata Yana.

Dia berharap, masyarakat menjaga kewaspadaannya menghadapi musim hujan ini. Salah satunya, warga harus disiplin menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.  "Mohon warga mengubah perilaku supaya disiplin tidak buang sampah ke sungai," ucapnya.

Yana juga menegaskan, aparat kewilayahan harus berjibaku membersihkan saluran air agar bersih dari sampah. "Unsur kewilayahan harus rutin membersihkan sungai," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, pihaknya kali ini fokus pada penanganan bencana. Dengan penanganan yang cepat, maka akan memperoleh solusi terbaik.

"Kalau sekarang fokus penanganan bencana. Kita butuh penanganan cepat. Jangka panjangnya itu memperbesar kapasitas resapan. Di hulu ditanam dan middle stream (aliran tengah) memperbanyak sumur resapan," kata Didi.

Menurutnya, kehadiran kolam retensi cukup baik dalam penanganan banjir meski dari sisi volume masih kurang. Akan tetapi, kolam retensi dinilai cukup efektif meredam banjir seperti di Pagarsih. (yogi triastopo)