Robert Alberts Sebut Eredivisie Saat Ini Tidak Begitu Kuat

Robert Alberts Sebut Eredivisie Saat Ini Tidak Begitu Kuat
Foto: persib.co.id

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts memberikan komentarnya mengenai Eredivisie. Menurutnya kompetisi tertinggi di Belanda itu tidak begitu kuat saat ini. 

Terbukti, Ajax Amsterdam bisa memenangkan pertandingan dengan skor yang sangat besar yakni 13-0. Itu terjadi saat bertandang ke markas VVV Venlo di Covebo Stadion De Koel, Sabtu (24/10/2020) lalu. 

Di babak pertama, Ajax sudah memimpin 4-0 berkat Jurgen Ekkelenkamp, dua gol Lassina Traore, dan satu gol Dusan Tadic. 

Sembilan gol lainnya dicetak Ajax di babak kedua. Masing-masing melalui Traore mencetak tiga gol, Klaas Jan Huntelaar dua gol, dan Antony, Ekkelenkamp, Daley Blind, dan Lisandro Martinez masing-masing menyumbang satu gol. 

Kemenangan ini membuat Ajax menjadi tim pertama yang mencetak 13 gol di satu pertandingan Liga Belanda. Mereka memecahkan rekor sendiri pada Mei 1972 kala menang 12-1 atas Vitesse. 

"Iya Ajax menang 13-0, saya rasa itu bukan tanda yang bagus dari standar liga di Belanda untuk saat ini," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung. 

Skor ini kata Robert, tidak pernah terjadi di Liga Belanda, apalagi lawannya merupakan tim selevel. Sebaliknya skor besar ini sering terjadi di pertandingan turnamen saat menghadapi tim dari kasta lebih rendah. 

"Tapi jika di liga, seharusnya tidak terjadi kemenangan dengan skor 13-0. Itu menjadi penanda bahwa Liga Belanda untuk saat ini tidak begitu kuat," tegasnya. (Muhammad Ginanjar)