Dispenal Yakin Mampu Jaga Integritas Bebas Korupsi-Bersih Melayani

Dispenal Yakin Mampu Jaga Integritas Bebas Korupsi-Bersih Melayani
Sekretaris Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) Kolonel Laut (E) Nevy Dwi Soesanto. (antara)

INILAH, Jakarta - Sekretaris Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) Kolonel Laut (E) Nevy Dwi Soesanto, meyakini bahwa Tim Zona Integritas yang dimiliki Dispenal mampu menjaga integritas bebas korupsi dan bersih melayani, sesuai dengan standar nilai zona integritas yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

“Saya sangat yakin dengan keseriusan kami dalam memenuhi segala persyaratan dari Kemenpan-RB, Tim ZI Dispenal akan berhasil membawa Dispenal lolos zona integritas," ujar Sekdispenal dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan usai Dispenal mendapat kesempatan menjelaskan dasar-dasar pembangunan zona integritas yang dilaksanakan Dispenal secara virtual di hadapan Tim Penilai Analis Kebijakan dari Deputi Bidang Reformasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN-RB, Gita Aurora dan Salsabila Firdausy, di Ruang Media Center, Dispenal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa.

Dalam kesempatan tersebut, Sekdispenal juga menjelaskan inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan dalam mendukung tugas pokok dan fungsi Dispenal, selaras dengan pelaksanaan zona integritas tersebut berdasarkan standar nilai pengungkit, nilai hasil, serta nilai tindak lanjut hasil pemeriksaan zona integritas yang telah ditetapkan Kementerian PAN-RB.

Semua itu disampaikan sebagai salah satu komitmen lembaga Dispenal dalam mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dispenal merupakan salah satu Satker di Mabesal yang ditunjuk melaksanakan ZI dalam kegiatan reformasi Birokrasi.

Pelaksanaan ZI itu seiring dan sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yakni untuk peningkatan program-program yang berbasis kinerja dan berorientasi hasil yang mendukung penguatan Reformasi Birokrasi.

Selain Dispenal, sejumlah Satker lainnya yang melaksanakan paparan adalah AAL, Seskoal, RSAL Dr. Idris P.Siregar Koarmada II, Dispen Koarmada II, Guskamla Koarmada I, Mako Kormar, RSAL Dr. Ramelan Surabaya, Rumkital Marinir Cilandak, Puskodal Koarmada I dan Puspomal.

Sementara itu, sehari sebelumnya juga telah dilaksanakan paparan dari Satker Lantamal VI Makassar, Pushidrosal, Dispotmar Koarmada II, Staf Intel (Sintel) Koarmada I, Kolinlamil, Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI AL Yos Sudarso, Ladokgi R.E. Martadinata, Staf Operasi (Sops) Koarmada I dan Koarmada II, Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmada II, Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada II dan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II. (antara)