Libur Panjang, Kawasan Puncak DIperketat

Libur Panjang, Kawasan Puncak DIperketat
foto: INILAH/Reza Zurifwan

INILAH, Puncak-Satgas penangganan Covid 19 Kabupaten Bogor melakukan operasi masker dan pengetatan kunjungan wisatawan di Jalan Raya Puncak Gadog, Kecamatan Ciawi.

Hal ini dilakukan demi meminimalisir penyebaran wabah virus corona (Covid19), terutama di saat masa libur panjang atau cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah pusat mulai hari ini hingga Minggu, (1/11) mendatang.

"Hari ini bersama unsur kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan melakukan operasi masker dan pengetatan kunjungan wisatawan ke Kawasan Puncak, bagi yang tidak menggunakan masker dan apabila jumlah kendaraan wisatawan sudah 50 persen maka jalur ke kawasan wisata ini akan kami putar balikkan ke daerah asal," kata Kordinator Divisi Pengamanan Satgas Penangganan Covid 19 Kabupaten Bogor Agus Ridho kepada wartawan, Rabu, (28/10).

Pria yang juga bertugas sebagai Kepala Satpol PP ini menerangkan jajarannya juga akan merazia tempat-tempat keramaian hingga akan membubarkan kerumunan wisatawan atau masyarakat.

"Wisatawan maupun masyarakat kita minta untuk tidak berkerumun, menjaga jarak dan melaksanakan protokol kesehatan Covid 19, kalau masih  ada yang berkerumun maka akan dibubarkan kegiatannya," terangnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Satpol PP Iman Budiana menuturkan pada Rabu pagi ini sejumlah wisatawan ada yang diputar balikkan karena tidak menggunakan masker dan juga karena tidak bisa menunjukkan bersih dari wabah Covid 19.

"Bagi wisatawan yang tidak menggunakan masker, kami tanya alasannya, apakah sudah pernah melaksanakan rapid test, swab test dan apakah sudah reservasi peginapan di Kawasan Puncak. Bagi yang tidak memiliki hasil rapid test, swab test dan tidak punya reservasi penginapan maka akan kami putar balik kendaraannya," tutur Iman.

Terpisah Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menjelaskan jajarannya pada Kamis, (29/10) besok akan melaksanakan rapid test di tiga titik yaitu Jalan Raya Puncak, Gadog Ciawi, Jalan Alternatif, Megamendung dan Telaga Warna,Cisarua.

"1.000 alat rapid test dan puluha  personil Dinas Kesehatan kami persiapkan untuk pelaksanaan rapid test kepada wisatawan, titik pelaksanaan di Kecamatan Ciawi, Megamendung dan Cisarua. Bagi wisatawan yang hasil rapid testnya reaktif maka akan kami minta pulang ke daerah asal hingga dengan operasi ini kami himbau agar wisatawan yang datang ke Kawasan Puncak maupun Kabupaten Bogor dalam keadaan sehat," jelas Iwan. (Reza Zurifwan)